Dampak Industri Pertambangan di Indonesia

(Sumber: https://www.dunia-energi.com/industri-pertambangan-jadi-andalan-perekonomian-kebijakan-mineral-nasional-tak-punya/)

Devi Oktavia

2301915525

Indonesia yang dikenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam yang dimilikinya telah menarik berbagai pihak untuk memanfaatkan berbagai sumber daya alam tersebut. Salah satunya adalah berkembangnya sektor industri pertambangan di berbagai wilayah di Indonesia.  Indonesia telah masuk sebagai jajaran negara teratas sebagai produsen dari komoditas pertambangan.  Besarnya potensi yang dimiliki menyebabkan sektor pertambangan berkembang pesat dan telah berkontribusi besar dalam menyumbang pendapatan negara dikarenakan hasil pertambangan sangat laku di pasar ekspor.

Sektor industri pertambangan yang berkembang di Indonesia telah membawa banyak dampak bagi masyarakat dan negara Indonesia baik dari segi ekonomi, sosial, hingga lingkungan. Dari segi sosial, adanya industri pertambangan akan sangat membantu dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat karena membutuhkan banyak tenaga dan ahli yang berkaitan. Dari segi ekonomi, hasil dari pertambangan dapat membantu dalam meningkatkan perekonomian negara dengan mengekspor hasil produksi tambang. Pertambangan dapat menyimbangkan persentase ekspor dan impor negara. Adanya industri pertambangan juga dapat menarik perusahaan asing untuk menanamkan investasinya di Indonesia.

Di sisi lain selain memberikan dampak positif, industri pertambangan juga memberikan banyak dampak negatif. Bagi lingkungan, wilayah dari industri pertambangan akan meninggalkan lubang-lubang bekas tambang yang mengakibatkan penurunan atas kualitas tanah dan menyebabkan tanah mudah mengalami erosi. Pertambangan juga berkontribusi dalam menyebabkan pemanasan global karena menggunakan bahan bakar fosil yang menghasilkan banyak. Kegiatan pertambangan di Indonesia sering kali juga menimbulkan banyak konflik yang ditengah masyarakat karena dapat berpengaruh pada kesehatan masyarakat sekitar dan adanya perubahan struktur sosial di masyarakat.

Berkembangnya sektor industri pertambangan telah berperan besar dan membawa banyak dampak positif terutama bagi perekonomian Indonesia. Di sisi lain, industri pertambangan juga membawa dampak yang negatif bagi lingkungan dan masyarakat disekitarnya. Pertambangan sendiri memiliki karakteristik tidak dapat diperbaharui. Oleh sebab itu, pemerintah perlu melakukan upaya yang dapat membantu dalam mengurangi dampak negatif yang timbul dari industri pertambangan. Industri pertambangan juga perlu prinsip-prinsip tertentu yang mengacu pada keberlanjutan dalam pemanfaatan sumber daya alam agar tetap dapat memenuhi kebutuhan untuk generasi depan.

Sumber:

Budiarso, S. (2019, 10 18). Indonesia Salah Satu Penghasil Tambang Terbesar di Dunia. Retrieved August 9, 2021, from feb.ugm.ac.id: https://feb.ugm.ac.id/id/berita/2877-indonesia-salah-satu-penghasil-tambang-terbesar-di-dunia

Sari, M. I. (2015, 6 24). Dampak Positif dan Negatif Industri Pertambangan di Indonesia. Retrieved August 8, 2021, from kompasiana.com: https://www.kompasiana.com/marinaikasari/5528d386f17e61780e8b457a/dampak-positif-dan-negatif-industri-pertambangan-di-indonesia

 

Devi Oktavia