Industri Pariwisata Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0

(Sumber : https://nos.wjv-1.neo.id/wisatahalimun/auwrWldh-gerbang-digital-pariwisata-indonesia.jpg)

Tsania Qurrota Aini

2440112014

Zaman semakin berkembang, begitu juga dengan teknologi. Perkembangan teknologi membuat segala aspek kehidupan menjadi lebih mudah, salah satunya adalah aspek industri. Teknologi digital merupakan salah satu perkembangan teknologi yang dijadikan landasan dalam pengoperasian revolusi industri tahap 4.0. Revolusi ini membuat transformasi besar yang mengakibatkan perubahan dalam proses produksi dari teknologi konvensional menjadi teknologi digital. Selain itu, transformasi tersebut mampu meningkatkan efisiensi secara berkelanjutan dan juga produktivitas. Hal ini memberikan keuntungan bagi seluruh bidang industri, salah satunya bidang industri pariwisata. Kekayaan alam dan budaya yang melimpah di Indonesia memiliki potensi untuk mendorong segala sektor perekonomian Indonesia. Adanya teknologi digital ini memberikan kemudahan dalam mempromosikan wisata dan budaya Indonesia sehingga lingkup pengetahuan akan kekayaan Indonesia semakin luas hingga ke mancanegara. Jika daya tarik wisata Indonesia dikembangkan secara profesional maka akan memperkuat persaingan antara negara lain. 

Saat ini, mulai banyak bermunculan aplikasi-aplikasi yang diciptakan untuk mempermudah proses promosi dan pemesanan tiket untuk berwisata ke daerah lain. Pembuatan aplikasi ini merupakan bentuk adaptasi industri pariwisata dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Teknologi yang digunakan pada pariwisata digital ini meliputi Internet of Things (IoT), Big Data, Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), Mobile Technology, dan Artificial Intelligent. Adanya disrupsi teknologi pariwisata digital ini dapat membantu kebutuhan wisatawan dengan cara memberikan informasi tentang tempat wisata maupun informasi mengenai pengalaman saat berwisata. Indonesia memiliki berbagai macam tempat wisata budaya yang sangat menarik karena Indonesia merupakan tempat terjadinya berbagai macam sejarah yang peninggalannya masih ada dan terjaga di Indonesia hingga saat ini. Selain munculnya teknologi digital di industri pariwisata, aspek industri kreatif yang muncul pada revolusi ini memberikan keuntungan bagi para pengrajin tangan di berbagai daerah di Indonesia karena kerajinan budaya yang mereka buat dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk dijadikan cinderamata dari suatu tempat wisata. 

Revolusi industri 4.0 membawa dampak baik bagi perekonomian Indonesia. Pada era ini teknologi telah mendominasi kehidupan manusia dan akan terus berlanjut hingga masa depan. Indonesia bisa dibilang telah beradaptasi dengan era ini sehingga dapat meningkatkan potensi daya tarik Indonesia dalam industri pariwisatanya jika ekonomi kreatif dijalankan dengan baik. Perkembangan teknologi harus sejalan dengan perkembangan dalam pengelolaan tempat wisata agar kekayaan alam dan budaya yang Indonesia miliki bisa diketahui hingga ke seluruh dunia sehingga industri pariwisata di era 4.0 ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan negara Indonesia.                       

Sumber:

Hidayah, N. (2019, Desember 7). Tourism 4.0 (Pariwisata 4.0): Konsep & Contoh Lengkap Menurut Para Ahli.

Musthofa, B. M. (2019). STRATEGI ADAPTASI DESTINASI WISATA BUDAYA DI ERA DISRUPSI TEKNOLOGI.

MUTAQIN, Z. (2020, November 3). Memahami Gerbang Digital Pariwisata 4.0 dan Pustaka Indonesia.

Poerwanto, & Shambodo, Y. (2020, Januari). Revolusi Industri 4.0: Googelisasi Industri Pariwisata dan Industri Kreatif. Journal of Tourism and Creativity, 4.

Tsania Qurrota Aini