Industri Pariwisata 4.0

Sumber: https://www.airmagz.com/11926/presiden-minta-diaspora-ikut-promosikan-wonderful-indonesia.html

Abrielle Jane Makmur

2440034504

Pariwisata di Indonesia makin lama pasti akan terus berkembang. Indonesia adalah bukti dari banyaknya keindahan alam yang nyaman dilihat secara langsung dengan mata telanjang. Berlimpahnya keragaman di Indonesia seperti banyaknya budaya yang berbeda-beda menjadi banyak sumber pengetahuan yang perlu disebar ke masyarakat lain untuk dilihat atau diingat ataupun di lanjutkan generasinya, dan pastinya dengan adanya pemberlakuan pariwisata, orang-orang akan mengetahui dan menyebarluaskan tempat tersebut melalui sosial media mereka.

Industri pariwisata merupakan ruang lingkup antara akomodasi, transportasi, sarana, dsb yang bertujuan untuk menghasilkan barang dan jasa yang akan memenuhi kebutuhan para wisatawan secara langsung. Seiring berjalannya waktu di era globalisasi ini, kementerian pariwisata akan mengadakan perencanaan perjalanan secara digital, mulai dari bertransaksi hingga mencari destinasi, agar dapat menyesuaikan dengan pertumbuhan para generasi Z yang dimana generasi yang telah mengenal digital.

Pada industri pariwisata 4.0 ini, para pengguna harus bijak dalam memanfaatkan teknologi digital dengan sebaik mungkin. Dengan memperlakukan teknologi dengan baik dan kreatif dapat membangun dan meningkatkan ketertarikan masyarakat. Serta industri pariwisata harus memiliki skenario bisnis yang kuat, agar mampu bertahan dan tidak tersaingi dengan industri lain.

Sumber:

Poerwanto. & Shambodo, Y. (2020). Revolusi Industri 4.0: Googelisasi Industri Pariwisata dan Industri Kreatif . Journal of Tourism and Creativity, 65 – 68.

Abrielle Jane Makmur