Tanggapan Budaya terhadap Industri 4.0

Sumber: (Google Images.)

Carlo

2301848994

Perkembangan Industri dari tahun ke tahun memanglah sangat pesat, dari tahun 1750-1850 merupakan tahun dimana revolusi industri pertama terjadi di seluruh dunia serta dampak dari revolusi industri ini mengakibatkan urbanisasi besar-besaran sehingga populasi di dalam perkotaan membengkak. 

Presiden Jokowi pernah menyatakan bahwa “Digitalisasi, computing power dan data analytic telah melahirkan terobosan-terobosan yang mengejutkan di berbagai bidang, yang men-disrupsi kehidupan kita. Bahkan men-disrupsi peradaban kita, yang mengubah lanskap ekonomi global, nasional, dan daerah serta lanskap politik global, nasional dan daerah. Lanskap interaksi global, nasional, dan daerah. Semuanya akan berubah,”

Mendengar pernyataan dari Presiden Jokowi, dapat diketahui bahwa revolusi industri 4.0 sudah tidak dapat dihindari dan harus dimanfaatkan. Pada tahun 2016, Google Arts & Culture telah melakukan kerjasama dengan 7 museum dan melakukan perekaman virtual menggunakan Google Art Camera dan Google Cardboard yang dapat menghasilkan tur virtual 360. Penerapan teknologi ini di Indonesia masih dianggap baru dan berkembang, namun di luar negeri penggunaan virtual reality sudah dianggap serius. 

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia mendapatkan hasil riset yang menyatakan bahwa hanya ada 2% masyarakat yang berkunjung ke museum dan 5% masyarakat yang mengunjungi tempat bersejarah. Penggunaan virtual reality ini sangat diharapkan mampu meningkatkan minat dari masyarakat untuk berkunjung ke museum dan tempat bersejarah.

Berdasarkan perkembangan industri yang sangat pesat, sifat perkembangan budaya menjadi sangat dinamis dan harus terus berkembang menggunakan teknologi pendukung. Kepedulian dan partisipasi dari masyarakat dan pemerintah sangat dibutuhkan dalam pengarsipan dan perekaman aset budaya, dikarenakan digitalisasi aset budaya merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk melindungi warisan budaya Indonesia ke generasi selanjutnya.

 

Sumber:

Artanegara, I. G. (2018, April 12). Dampak Kebudayaan Indonesia dalam Revolusi Industri 4.0. Diambil kembali dari NusaBali.com: https://www.nusabali.com/berita/28807/dampak-kebudayaan-indonesia-dalam-revolusi-industri-40