Facebook si Raksasa Media Sosial Sebagai Platform Revolusi Industri 4.0

Facebook si Raksasa Media Sosial Sebagai Platform Revolusi Industri 4.0

Sumber: http://www.wongsantun.com/2016/11/mudahnya-memperoleh-pahala-dan-dosa.html

Kelvin Hans

2301870615

 

Memasuki era revolusi industri 4.0 menunjukan signifikannya pertumbuhan masyarakat dalam era digital dengan hubungannya terhadap bidang industri. Internet adalah bukti revolusi era Industri 3.0 menuju Industri 4.0 yang berfokus pada digitalisasi sistem. Media sosial adalah salah satu contoh nyata digitalisasi dalam bidang komunikasi. Semua orang memiliki media sosial tidak hanya untuk tujuan komunikasi tetapi juga bisnis, bahkan dalam kegiatan belajar-mengajar seperti dalam kegiatan work from home yang telah kita laksanakan setahun terakhir akibat pandemi. Lantas, apa hubungannya media sosial dengan pertumbuhan sektor industri?

Siapa yang tak mengenal Facebook? Raksasa media sosial sejak 2004 ini merupakan awal dari pertumbuhan eksponensial media sosial pada awal era digitalisasi. Facebook berperan penting dalam perkembangan industri 4.0 sebagai platform industri yang menekankan konsep cyber-physical systems, dan networks systems. User interface media sosial seperti Facebook, Instagram dan media sosial lainnya kini sudah menyediakan UI dan fitur bisnis digital yang tentunya membantu sektor industri terutama industri kreatif. Sistem cyber-physical system hasil revolusi industri 4.0 yang terealisasi dalam bentuk E-commerce platform seperti amazon hingga Tokopedia. Media sosial seperti Facebook menjadi pusat pemersatu hampir seluruh E-commerce di dunia mulai dari segi registrasi hingga pemasaran dengan user interface dan fitur yang telah dikhususkan oleh Facebook seperti Facebook Ads yang telah digunakan oleh jutaan Industri di dunia.

Facebook Ads adalah fitur periklanan yang tidak hanya dapat mempromosikan suatu industri tetapi juga mencari target yang cocok dengan metode analisis digital terhadap faktor umur, gender hingga preferensi yang cocok sebagai target pasar. Sebagian ilmuwan bahkan berpendapat bahwa industri besar seperti Facebook dan Google sangat menyeramkan karena dapat menilai dan mengolah informasi setiap pengguna internet di seluruh dunia dan menganggapnya sebagai pisau bermata dua yang dapat menguntungkan dan merugikan. Facebook Ads mengolah big data dari informasi user di seluruh dunia yang cocok terhadap produk dan layanan industri yang berlayanan dan menggunakan fitur ini. Sebagai contoh Industri otomotif yang menggunakan fitur Facebook Ads akan menyebarkan iklan atau promosi yang ada kepada para pecinta otomotif yang ada pada daerah tertentu dan target pasar tertentu yang telah diolah oleh Facebook Ads.

Hasil dari fitur media sosial Facebook tersebut sangat signifikan dan dapat dinilai berdasarkan beberapa parameter penilaian. Calon-calon konsumen yang telah mendapatkan iklan hasil fitur tersebut dapat dianalisis dengan metode konversi rasio yang memiliki nilai rekomendasi industri sebesar 9,21% berdasarkan perhitungan perbandingan pengunjung iklan dan pembeli. Nilai diatas 9,21% membuktikan keberhasilan dari iklan dan jenis promosi yang digunakan industri tersebut dari hasil promosi pada media sosial atau website. Promosi adalah salah satu dari sekian banyak peran media sosial terhadap pertumbuhan sektor industri dan Facebook menjadi bukti nyata sebagai raksasa media sosial yang berperan bagi perkembangan dunia termasuk sektor industri.

 

Sumber :

Hidayat, W. P. (2019, September 16). 7 Parameter Facebook Ads Penting Yang Harus Diperhatikan. Retrieved April 10, 2021, from https://willymy.name/7-parameter-facebook-ads-penting-yang-harus-diperhatikan/

Projector, I. (2013, November 2018). PENGERTIAN, FUNGSI, KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN FACEBOOK. Retrieved April 10, 2021, from https://indovisualprojector.wordpress.com/2013/11/18/pengertian-fungsi-keuntungan-dan-kerugian-facebook/

Kelvin Hans