Latihan Keterampilan Manajemen Organisasi (LKMO) 2021

Sumber: Dokumentasi LKMO 2021

            LKMO (Latihan Keterampilan Manajemen Organisasi) merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan para aktivis dalam mengatur sebuah organisasi baik secara operasional, struktural dan manajerialnya. Terdapat beberapa rangkaian acara pada LKMO tahun ini yaitu presentasi roleplay, talkshow dan games. Platform yang digunakan pada kegiatan LKMO adalah media Zoom Cloud Meetings. Seluruh peserta terlibat secara proaktif dalam mengikuti seluruh rangkaian acara.

Sumber: Dokumentasi LKMO 2021

            Kegiatan LKMO pada tahun ini dilaksanakan 3 hari pada tanggal 8, 12 dan 13 Maret 2021, dengan mengangkat tema “Awaken the Spirit of Leader in Organizational Management“. Tujuan dipilihnya tema ini adalah membangun karakter pemimpin yang dapat berkembang di bidang akademis dan non-akademis di dalam organisasi maupun di luar organisasi. Kegiatan LKMO pada tahun ini dihadiri 67 peserta dari aktivis dan seluruh peserta terlibat secara proaktif dalam mengikuti rangkaian kegiatan. Para peserta terbagi menjadi 8 kelompok dengan masing-masing kelompok memiliki kakak pembimbing di dalamnya.

Sumber: Dokumentasi LKMO 2021

Hari pertama LKMO 2021 dibuka dengan kata sambutan dari Ketua HIMTRI dan juga project manager dari LKMO itu sendiri. Setelah pembukaan, terdapat beberapa rangkaian acara yaitu pengecekan atribut kelompok, penyanyian yel-yel, penyampaian materi 1 oleh Kak Bernadus Yuven & Kak Dendi Fedianza, games, penyampaian materi 2 oleh Kak Ichlasul Haikal & Kak Vianni Aurelia, Talkshow dengan Kak Setyo Okiviantoro, dan diakhiri dengan foto bersama. Hari kedua LKMO 2021 dibuka dengan pengecekan atribut kelompok dan penyanyian yel-yel. Setelah pembukaan, terdapat beberapa rangkaian acara yaitu materi yang disampaikan oleh DPI HIMTRI 2021, role play tahap 1, games dan juga ditutup dengan foto bersama. Role Play tahap 1 merupakan simulasi dari setiap kelompok yang akan membuat proposal program kerja yang ada pada HIMTRI yang disiapkan dalam bentuk presentasi dan dipresentasikan dalam breakout room.

Hari ketiga LKMO 2021 dibuka dengan pengecekan atribut kelompok dan penyanyian yel-yel. Setelah pemukaan, dilanjutkan dengan role play tahap 2, big games dan penampilan final project LKMO dari seluruh peserta. Role play tahap 2 merupakan presentasi lanjutan dari tahap 1 yang telah direvisi dan dipresentasikan kembali pada main room. Kegiatan LKMO 2021 ditutup dengan penutupan dari Ketua HIMTRI 2021 dan project manager LKMO.

Dengan terlaksananya acara LKMO pada tahun ini, diharapkan seluruh peserta yang mengikuti menjadi termotivasi dalam berorganisasi, mengerti bagaimana mengatur sebuah organisasi, dan soft skill yang diperlukan dalam menjalankan sebuah organisasi meningkat. Masa pandemi bukanlah sebuah hambatan, tapi merupakan sebuah batu loncatan untuk mengemukakan ide dan gagasan baru yang menarik serta inovatif dalam meningkatkan kualitas diri dan organisasi.