Ekspor Pulp dan Kertas Terus Berkembang Hingga Disemester Kedua Tahun Ini!

Wakil Ketua Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI), Rusli Tan mengatakan, Industri Pulp dan kertas akan terus berkembang lewat ekspor produk andalan dengan adanya harga dan kualitas produk yang lebih baik di luar negeri.

“Industri pulp dan kertas akan terus berkembang lewat ekspor produk-produk andalan seperti makanan dan minuman. Kertas fotokopi setiap bulan meningkat karena di luar negeri kami punya harga dan kualitas yang lebih baik,” kata Rusli di Jakarta, Jumat (26/8).

 

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian (Kemenperin), pada tahun lalu, kapasitas terpasang industri pulp dan kertas masing-masing sebesar 7,9 juta ton per tahun untuk pulp dan 12,9 juta ton per tahun untuk kertas.

Realisasi produksi pulp dan kertas masing-masing sebesar 6,4 juta ton pulp dan 10,4 juta ton kertas. Sementara itu, ekspor pulp dan kertas masing-masing sebesar 3,7 juta ton pulp dengan nilai sebesar US$1,72 juta dan 4,26 juta ton kertas dengan nilai sebesar US$3,54 juta.(Hariyanto/ Imq)

 

 

 

Wah berarti Indonesia patut bangga dengan Kualitas serta Kuantitas Pulp dan Kertas yang diproduksi dalam negeri dan diekspor ke luar negeri, dan menjadi andalan diluar sana. Buktinya Pelaku produksi Pulp dan Kertas optimis dapat mengekspor  5-10% lagi untuk diluar sana.

Tapi jangan lupa juga ya untuk tetap menjaga alam sekitar, karena jika terus menerus pohon ditebang untuk kepentingan produksi kertas maka hutan kita akan gundul juga. Jadi jangan lupa untuk menjaga keseimbangan alam kita ya!

 

 

 

 

Writer Blog Artikel Content: Prabowo Siswanto Wibisono Iskandar

Source: IndonesianIndustry