Tips Sukses Berbisnis Saat Kuliah

Perkuliahan merupakan jenjang terakhir pada pendidikan formal, dan banyak yang mengatakan inilah langkah untuk menentukan masa depan. Kegiatan perkuliahan mahasiswa selalu dipadati oleh kegiatan belajar maupun berorganisasi, namun tidak sedikit pula yang melakukan kegiatan perkuliahan dengan berbisnis.

          Apakah salah melakukan bisnis saat masih kuliah? Tentu saja tidak. Sama baiknya dengan menuntut ilmu, berbisnis sangat baik untuk perkembangan diri dan financial, tentunya untuk menghadapi masa depan. Namun, dengan berbisnis saat masih menjadi mahasiswa bukan berarti tanpa resiko, resiko mungkin saja terjadi karena sebagai mahasiswa harus membagi waktunya untuk menuntut ilmu, berorganisasi, bermain, dan berbisnis. Membagi waktu untuk melakukan dua atau tiga kegiatan penting bukanlah hal mudah.

Disini kami akan membagikan beberapa tips sukses berbisnis saat kuliah, mungkin saja beberapa tips dibawah ini bisa bermanfaat bagi seluruh binusian dan seluruh mahasiswa.

  1. Pemilihan Bisnis yang Tepat

Peluang bisnis yang terdekat adalah berasal dari hobi yang Anda miliki. Sebagai contoh, jika hobi Anda adalah merias maka potensi bisnis terbesar Anda adalah di bidang kecantikan. Pelajari hingga ahli dalam bidang tersebut dan membuka bisnis pertama Anda dari hobi Anda.

  1. Tetapkan Tujuan atau Target

Buatlah daftar tujuan yang ingin Anda capai, dengan harapan agar Anda tetap fokus dengan kegiatan belajar dan berbisnis yang Anda lakukan, serta tetap semangat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Contohnya, ingin membiayai kuliah sendiri ataupun membeli kendaraan pribadi.

  1. Prioritaskan Belajar dan Berbisnis

Agar kedua kegiatan ini berjalanan sukses, Anda harus menjadikan keduanya sebagai prioritas karena kedua kegiatan tersebut akan sama pentingnya untuk masa depan. Dengan itu Anda dituntut untuk mampu mengatur waktu dengan sebaik mungkin.

  1. Gunakan Media Sosial

Untuk mempromosikan bisnis membutuhkan waktu yang tidak sedikit, maka dari itu di zaman yang serba modern ini penggunaan media sosial juga dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan dengan menyebarkan iklan, baik dalam bentuk tulisan, foto maupun video. Dengan itu dapat menghemat waktu Anda dibandingkan dengan harus mempromosikan secara langsung.

  1. Pantang Menyerah !

Karena melakukan dua kegiatan penting ini tidaklah mudah, tentu akan datang cobaan dan masalah, namun Anda harus menanamkan semangat pantang menyerah. Walaupun dalam keadaan sesulit apapun yakinlah bahwa hasil tidak akan menghianati pengorbanan.

Lima tips diataslah yang dapat kami bagikan kepada Anda semua, semoga dapat dipraktikan bersama dan mencapai keberhasilan dalam berbisnis saat perkuliahan. HAUM !

Tasya Adelia