LUMINOVA: Menyalakan Cahaya Inovasi Bisnis dan UI/UX di Sekolah-Sekolah Malang

Sebanyak 53 volunteer dari Binusian @Malang berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian selama lima hari di empat sekolah menengah kejuruan di Kota Malang: SMK 10, SMK 5, SMK 11, dan Kalam Kudus. Program ini dirancang untuk memperkenalkan siswa pada dunia kewirausahaan dan desain digital, dengan fokus pada materi Business Model Canvas (BMC) dan UI/UX menggunakan platform Figma. Pada hari pertama dan kedua, siswa tidak hanya belajar teori BMC, tetapi juga langsung mempraktikkannya dengan membuat BMC dan pitch deck untuk ide bisnis mereka. Sementara itu, pada hari ketiga dan keempat, siswa diperkenalkan pada Figma dan diarahkan untuk langsung membuat desain tampilan aplikasi sesuai ide yang telah mereka susun.

Dari total 187 siswa yang mengikuti sesi pengajaran, terpilih 21 siswa terbaik untuk mengikuti lomba pada hari kelima. Pada hari itu, mereka mempresentasikan hasil ide bisnis dan desain UI/UX yang telah dikerjakan sebelumnya melalui sesi pitching di hadapan para juri dan peserta lainnya. Proses ini menilai pemahaman siswa terhadap model bisnis, kualitas presentasi, serta kreativitas desain antarmuka yang dibuat dengan Figma. Hasil akhir menunjukkan bahwa perwakilan dari Kalam Kudus keluar sebagai Juara 1, diikuti oleh SMK 5 sebagai Juara 2 dan juga Juara Favorit, serta salah satu perwakilan dari SMK 11 yang meraih Juara 3.

Selain menjadi sarana pembelajaran yang bermanfaat bagi siswa, kegiatan ini juga memberi dampak besar bagi para volunteer Binusian @Malang. Mereka mendapatkan pengalaman langsung dalam mengajar, membimbing, serta melihat potensi luar biasa dari siswa-siswa SMK di Kota Malang. Kegiatan ini menjadi bukti nyata bahwa kolaborasi dan pengabdian dapat menciptakan ruang belajar yang hidup, penuh semangat, dan berdampak nyata bagi masa depan generasi muda.