HIMTI FUNTASTIC 2024: “TechQuest Adventure: Exploring Synergy in Nature”

Pada tanggal 14 Juli 2024, HIMTI@Malang kembali hadir dengan FUNTASTIC, sebuah acara bonding antar mahasiswa School of Computer Science (SoCS) di BINUS@Malang. Tahun ini, acara FUNTASTIC dilaksanakan di Bedengan Camping Ground yang terletak di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang diikuti oleh lebih dari 20 mahasiswa SoCS dari berbagai angkatan. Dengan mengangkat tema ‘TechQuest Adventure: Exploring Synergy in Nature’, FUNTASTIC menghadirkan serangkaian acara yang bertujuan untuk memperluas relasi dan membangun keakraban antar mahasiswa. Karena dilaksanakan setelah berakhirnya Ujian Akhir Semester, acara ini juga dapat dijadikan sarana hiburan dan rekreasi bagi para mahasiswa.

Sebelum memulai acara, seluruh peserta berkumpul di depan gedung Universitas Bina Nusantara Malang untuk berangkat bersama menuju Bedengan Camping Ground. Sesampainya di tujuan, peserta diarahkan oleh panitia menuju ground tempat acara FUNTASTIC dilaksanakan.

Acara dimulai dengan pengenalan kegiatan oleh MC, yang dilanjutkan dengan kegiatan ice breaking. Kegiatan ice breaking diisi dengan permainan sederhana bagi para peserta untuk saling mengenal satu sama lain, serta mencairkan suasana sebelum masuk ke rangkaian acara utama. Setelah itu, peserta dibagi ke dalam beberapa tim secara acak. Pembagian tim dilakukan untuk mendukung terlaksananya kegiatan selanjutnya, yakni Games dan Outbound.

Pada Games dan Outbound, terdapat lima pos yang harus dikunjungi oleh setiap tim. Masing-masing pos memiliki permainan khusus, antara lain: Battle Suit, Capture the Flag, Tebak Kata, Circle, dan Estafet Air. Di setiap pos, terdapat dua tim yang saling bersaing untuk menyelesaikan misinya. Tim dengan perolehan skor terbanyak adalah pemenangnya. Perolehan skor ini didapatkan dari total kemenangan tim di setiap pos. Peserta mengikuti kegiatan Games dan Outbound dengan sangat antusias. Keceriaan serta canda dan tawa terlihat di raut wajah mereka.

Kegiatan selanjutnya adalah makan siang bersama untuk mengisi energi setelah bersenang-senang di Games dan Outbound. Kegiatan makan siang ini menjadi lebih menyenangkan karena peserta bisa berkumpul dan memanggang bahan makanan seperti daging sapi, ayam, dan frozen food bersama-sama. Setelah makan siang, peserta juga dapat memanfaatkan waktu untuk saling berbincang dengan peserta lain sambil menikmati alam dan fasilitas yang tersedia di Bedengan Camping Ground. Kemudian panitia mengumumkan pemenang games serta membagikan hadiah berupa snack kepada semua tim untuk dimakan bersama sambil berbincang dengan teman-teman. Setelah itu, kegiatan ditutup dengan doa bersama dan evaluasi, serta perjalanan kembali ke Kota Malang.

Sesuai dengan namanya, “FUNTASTIC” merupakan kegiatan yang sangat ‘fun’ dan ‘fantastic’. HIMTI sebagai wadah bagi mahasiswa School of Computer Science mampu merangkul mahasiswa SoCS untuk lebih mengenal satu sama lain dan mewujudkan “One Family, One Goal” yang merupakan semboyan dari HIMTI itu sendiri. Banyak hal yang bisa didapatkan peserta dan panitia selepas acara FUNTASTIC, seperti mendapatkan teman dan kenalan baru, merasakan pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan, menjadi lebih akrab dengan sesama mahasiswa SoCS, serta membangun semangat kembali sehabis ujian sehingga menjadi lebih semangat untuk menyongsong semester baru.