HIMTI SEMINAR 2024:Unveiling The Cloud: Navigating The World Of Cloud Computing

Pada hari Senin, 10 Juni 2024, dilaksanakan sebuah seminar berjudul Unveiling The Cloud: Navigating The World Of Cloud Computing oleh komisi satu, divisi Academic Event HIMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) BINUS University. Acara ini dilakukan secara Hybrid melalui Zoom Meeting dan di ruang A0907 BINUS University region Alam Sutera.

Melalui seminar ini, mahasiswa BINUS University diharapkan dapat mengembangkan kemampuan masing-masing di bidang IT, terutama dalam penguasaan cloud computing. Cloud Computing merupakan suatu teknologi informasi yang mengubah cara dalam menggunakan, menyimpan, dan mengolah data melalui beberapa konsep utama, yaitu teknologi Virtualization  , Data Storage, and Networking Technologies.

Acara seminar ini, dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB dan dimulai dengan open gate yang dimana semua peserta onsite dapat masuk ke ruangan dan semua peserta online masuk ke Zoom Meeting. Wira   tama Jesaya Suwandi, selaku MC di acara HIMTI seminar 2024 ini, turut menyambut seluruh peserta yang sudah hadir. Setelah kata sambutan dari MC, acara dilanjutkan dengan doa dan kemudian dengan hymne Binus. Acara disambung dengan pemberian beberapa kata sambutan dari Witanto selaku ketua acara HIMTI seminar 2024, Angeline Rachel selaku President   of HIMTI BINUS Alam Sutera, dan Sharon Selina Yoe selaku Chairman HIMTI BINUS 2024.

Setelah kata sambutan, acara Seminar dilanjutkan dengan pengenalan  pembicara yaitu Kak Imanuel Andreas, sebagai Manager Sales AWS Cloud. Setelah itu, MC memberikan waktu kepada Imanuel Andreas untuk memberikan materi-materinya. Sebelum  Kak Andre memaparkan materi tentang cloud computing, beliau memperkenalkan dirinya dan memperkenalkan CTI. Setelah itu, beliau memaparkan materi utama yaitu cloud computing dengan sangat jelas dan rinci. Seluruh peserta antusias mendengar hingga materi berakhir.

Setelah sesi materi berakhir, acara HIMTI seminar ini dilanjutkan dengan sesi Q&A. Seluruh peserta yang hadir secara onsite dapat bertanya secara langsung kepada Immanuel Andreas ataupun menggunakan slido, dan peserta yang hadir secara online dapat menggunakan slido. Seluruh peserta online ataupun onsite sangat antusias untuk bertanya kepada Kak Andre terkait materi dan pengalaman beliau dalam bidang cloud computing.

Selain materi tentang cloud computing, terdapat sesi pemberian informasi magang dari perusahaan CTI yang dibawakan oleh Kak Mega, sebagai human resource development dan perwakilan dari perusahaan CTI . Beliau menginformasikan mengenai program magang yang diberikan oleh CTI, benefit yang didapatkan, lowongan pekerjaan yang dibuka, dan proses yang akan dilalui.

Setelah sesi tersebut selesai, acara seminar dilanjutkan dengan sesi quiz. Sesi quiz menggunakan aplikasi Kahoot yang sudah dibuat dan seluruh peserta sangat senang dengan sesi ini. Pertanyaan yang diberikan di quiz ini berdasarkan materi cloud computing yang sebelumnya telah dijelaskan oleh Kak Andre.

Terdapat 3 pemenang di sesi quiz ini, dan masing-masing pemenang akan mendapatkan E-Wallet yang sudah disediakan. Selain pemenang quiz, terdapat pemberian hadiah kepada 3 orang penanya terbaik di sesi Q&A dan mendapatkan merchandise yang sudah disediakan oleh pihak CTI. Setelah sesi pemberian hadiah selesai, acara seminar dilanjutkan dengan sesi pemberian plakat kepada narasumber dan perusahaan CTI oleh ketua acara. Selanjutnya, dilanjutkan dengan sesi dokumentasi yang dilakukan secara onsite dan online. Sesi dokumentasi dilakukan bersama narasumber, pihak CTI, panitia acara, dan seluruh peserta yang hadir.

Sebelum acara ditutup, terdapat sesi doa terlebih dahulu. Setelah sesi doa, MC mengingatkan kepada seluruh peserta yang hadir secara online untuk mengisi formulir exit ticket yang sudah disediakan, dan kemudian MC menutup acara HIMTI seminar 2024 ini.

Acara ini berlangsung dengan lancar dari awal hingga akhir. Diharapkan melalui acara ini, para peserta bisa saling mendapatkan pembekalan ilmu yang dapat membantu mereka untuk memahami segala informasi yang berkaitan cloud computing.