DIGIFEST 2024: Metaverse Contest & Career Navigation

Gambar 1. Logo Acara DIGIFEST 2024

Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) adalah teknologi yang memberikan pengalaman imersif kepada penggunanya dengan meghadirkan objek-objek digital. Menawarkan sensasi baru, peminat dari sisi pengguna maupun pengembang dari teknologi ini meningkat seiring waktu. Dilansir dari radiantvisionsystems.com, penghasilan pasar AR/VR akan melambung hingga 50,9 Milyar US Dollar pada tahun 2026. Teknologi AR/VR sendiri merupakan salah satu cabang dari jurusan Computer Science dan menjadi salah satu peminatan primadona di kampus Universitas Bina Nusantara Malang. Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI) Malang memutuskan untuk mengadopsi Metaverse, dunia di mana manusia dapat bersosialisasi dan bermasyarakat secara virtual, sebagai tema dari lomba Digital Festival (DIGIFEST) tahun 2024.

Gambar 2. Tampilan dari Assemblr Studio

Peserta didorong untuk mengambil sebuah langkah sederhana dahulu yaitu membuat aplikasi Augmented Reality (AR) dengan menggunakan Assemblr Studio. Assemblr Studio sendiri adalah all-in-one platform untuk membuat aplikasi AR tanpa menulis kode, hanya dengan drag-and-drop. Kebebasan diberikan kepada peserta untuk memilih tema dan diberikan waktu selama 2 minggu menyelesaikan aplikasi, video, dan juga laporan. Siswa-siswi di sekolah se-Jawa Timur diundang untuk mengikuti lomba dengan total hadiah 5 juta rupiah ini.

Pada akhirnya, sebanyak tujuh kelompok yang terdiri dari 2 sampai 3 anggota mendaftar lomba DIGIFEST Metaverse Contest: Crafting Augmented World. Pertama-tama, mereka harus menghadiri briefing lomba yang dilaksanakan pada Minggu, 26 Mei 2024 secara daring melalui Zoom Meeting. Di sana, mereka dijelaskan tentang gambaran umum AR, persyaratan, sistematika, rubrik penilaian, dan linimasa lomba. Pada momen ini juga diperkenalkan mentor yang sedia membantu memberikan bantuan teknis dan masukan kepada setiap kelompok.

Gambar 3. Briefing Metaverse Contest Lembar Pertama

Gambar 4. Briefing Metaverse Contest Lembar Kedua

Setelah menyelesaikan proyek, seluruh peserta lomba diundang untuk menghadiri DIGIFEST Career Navigation: Computer Science Edition, sebuah seminar untuk memberikan panduan tentang paths yang terbentang di jurusan Computer Science. Bapak Nyoman Wira Prasetya S.Kom., M.T., M.Sc., seorang praktisi dengan 6 tahun pengalaman di dunia DevOps, Cyber Security, dan Network yang juga dosen di Universitas Bina Nusantara Malang diundang menjadi pembicara pada seminar ini. Beliau menjelaskan tentang pengalaman menjadi ahli IT dan paths apa saja yang bisa diambil di jurusan ini.

Gambar 5. Pembicara membagikan pengalamannya di salah satu perusahaan IT

Setelah mendengar penjelasan Bapak Nyoman, sampailah pada saat yang ditunggu-tunggu oleh peserta lomba yaitu pengumuman pemenang. Pemenang ditentukan oleh penilaian dua juri yaitu Bapak Dio Saputra Kudori, S. Kom., M. Kom. dan Bapak Frihandhika Permana S. Pd., M. Kom. Juara pertama diraih oleh kelompok 3Tive dengan karya AR Kelas Virtual Matematika. Juara kedua sekaligus juara favorit diraih oleh kelompok Avatar Voyagers dengan karya PrepAR: Edukasi dan Simulasi Bencana Alam. Juara ketiga diraih oleh B6 Studio dengan karya Cakra Mandala Dwipatra, AR yang menunjukkan kebudayaan di Jawa Timur.

Gambar 6. Sesi Foto Bersama 1

Gambar 7. Sesi Foto Bersama 2

Akhir kata, panitia ingin mengucapkan terima kasih kepada Program Studi Computer Science Universitas Bina Nusantara Malang, pembicara, juri, sponsor yaitu Cigyl Craft & Coffee, peserta lomba, dan peserta seminar yang ikut berpartisipasi dalam rangkaian acara DIGIFEST 2024. Semoga acara ini memberikan kesan yang positif, bermanfaat, dan menyenangkan bagi segala pihak yang terkait.