Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat TIRTOFEST

Gambar 1. Poster kegiatan PKM TIRTOFEST

            Dalam era modern ini UMKM harus mampu beradaptasi dengan penggunaan internet agar produknya dapat dilihat dan dibeli oleh masyarakat sekitar. Kegiatan PKM TIRTOFEST yang diluncurkan oleh organisasi Teach For Indonesia BINUS @Malang dengan bantuan dari 5 Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) yaitu HIMDI (Himpunan Desain Interior), HIMDKV (Himpunan Desain Komunikasi Visual), HIMCOMM (Himpunan Communication), USPR (United Students of Public Relation), dan HIMTI (Himpunan Teknik Informatika), serta 3 Organisasi Kemahasiswaan yaitu Badminton, Voli, dan Futsal. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu UMKM yang berpartisipasi beradaptasi pada masa digital saat ini dalam pendampingan intensif selama 1 bulan (dimulai dari minggu pertama dalam bulan Mei sampai akhir Mei) oleh volunteer dari mahasiswa masing-masing jurusan dalam BINUS @Malang dan menyediakan kompetisi olahraga bagi siswa-siswi di Desa Tirtomoyo.

Gambar 2. Sambutan-sambutan

Gambar 3. Pemotongan pita sebagai tanda peresmian acara puncak PKM TIRTOFEST

Pada hari minggu tanggal 26 Mei 2024, dilaksanakan puncak acara PKM TIRTOFEST yang berlokasi di GOR Tirtomoyo, Malang. Dalam acara ini terdapat bazar dari beberapa UMKM yang sudah didampingi dimana mereka dapat menampilkan produk-produk yang mereka sediakan. Selain itu dalam acara ini terdapat kegiatan-kegiatan lainnya, seperti senam bersama, sambutan-sambutan dari berbagai pihak yang ikut andil dalam kegiatan ini, penampilan seni dari kelompok seni Desa Tirtomoyo, UKM Dance BINUS @Malang, dan UKM Band BINUS @Malang, lomba mewarnai bagi anak-anak TK-SD kelas 2, mini games, dan sesi penghargaan.

Pemilik-pemilik UMKM yang ikut serta dalam kegiatan PKM TIRTOFEST ini merasakan sangat terbantu terutama dalam hal memahami cara meningkatkan kualitas produk dan strategi pemasaran yang efektif. Hal ini semakin menunjukkan betapa pentingnya kegiatan pendampingan ini untuk terus diadakan demi kemajuan UMKM di Desa Tirtomoyo dan desa-desa lainnya di Malang. Selain itu, kegiatan PKM TIRTOFEST yang berjalan selama 1 bulan ini dapat berjalan dengan baik karena kerja keras dari panitia-panitia acara dan bantuan dari Tuhan Yang Maha Esa.