Microsoft dan Quantinuum Mengklaim telah membuat Terobosan Baru dalam Komputasi Kuantum

Credits: Matthew Manuel on Unsplash

Pada tanggal 3 April (Reuters), Microsoft dan Quantinuum mengatakan bahwa mereka telah mencapai langkah penting dalam membuat komputasi kuantum menjadi tersedia untuk kebutuhan komersial dengan membuatnya lebih tahan lama.

Langkah ini merupakan progres terbaru dalam lomba untuk membuat komputasi kuantum yang sempurna yang melibatkan perusahaan-perusahaan teknologi seperti Microsoft, Google, dan IBM. Perusahaan-perusahaan ini berlomba-lomba dengan lawan-lawannya dan negara-negara lainnya untuk membuat mesin berbasis komputasi kuantum yang kecepatan komputasinya lebih cepat dibandingkan komputer konvensional Silicon Valley. Mesin komputasi kuantum itu mampu menyelesaikan kalkulasi saintifik yang dimana membutuhkan jutaan tahun untuk diselesaikan dengan mesin komputer konvensional yang sekarang.

Unit penting dari mesin komputer kuantum yang dinamakan “qubit” dikenal cepat namun sensitif terhadap detail-detail kecil, sehingga menghasilkan error data jika proses komputernya terganggu sedikit pun. Untuk menyelesaikan masalah itu, peneliti kuantum membuat qubit dalam jumlah lebih dari yang dibutuhkan dan menggunakan error-correction techniques untuk menghasilkan jumlah qubit yang lebih sedikit namun handal dan berguna.

Microsoft dan Quantinuum mengatakan bahwa mereka telah membuat terobosan baru dalam hal tersebut. Microsoft mengaplikasikan algoritma error-correction pada semua qubit di mesin milik Quantinuum yang menghasilkan sekitar empat qubit yang handal dari 30 qubit fisik.

Wakil direktur eksekutif untuk strategi dan teknologi Microsoft, Jason Zander mengatakan perusahaannya percaya bahwa itu merupakan rasio qubit handal yang terbaik dari sebuah chip kuantum yang pernah ada.

“Kami melakukan lebih dari 14.000 eksperimen individual tanpa satu error pun. Itu 800 kali lebih baik dari apapun yang telah dilakukan”, ujar Zander di wawancara dengan Reuters.

Microsoft mengatakan bahwa mereka berencana untuk merilis teknologi tersebut untuk konsumen di bidang cloud computing beberapa bulan ke depan.

Peneliti teknologi kuantum di Quantuum dan kompetitornya, sering mengutip angka sekitar 100 qubit yang handal sebagai angka yang dibutuhkan untuk mengalahkan komputer konvensional. Microsoft dan Quantinuum belum ada mengatakan berapa tahun lagi yang mereka butuhkan untuk menggunakan teknik baru tersebut untuk mencapai 100 qubit handal.

Tapi chief product officer dari Quantinuum, Ilyas Khan mengatakan “Pandangan saat ini adalah bahwa kita telah memangkas setidaknya dua tahun dari itu, jika tidak lebih.”

Sumber: https://www.reuters.com/technology/microsoft-quantinuum-claim-breakthrough-quantum-computing-2024-04-03/

Filius Arthur