HIMTI Workshop 2023: Build Your First Mobile App with Flutter

Kamis, 20 Juli 2023

Pada hari Kamis, 20 Juli 2023, dilaksanakan sebuah workshop berjudul Build Your First Mobile App with Flutter oleh divisi Programming Class organisasi HIMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) BINUS University. Acara ini dilaksanakan secara hybrid melalui Zoom Meetings dan di ruang 301 kampus Anggrek Binus University region Kemanggisan. 

Melalui workshop ini, mahasiswa BINUS University diharapkan dapat mengembangkan kemampuan masing-masing di bidang IT, terutama dalam membuat mobile application. Mobile application sendiri merupakan suatu hal yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Setiap harinya kita menggunakan handphone untuk berbagai informasi, berkomunikasi, mencari hiburan, dan masih banyak lainnya. 

Melihat seberapa penting dan menariknya topik ini, workshop kali ini memperkenalkan Flutter, perannya di industri terkini, dan juga coding dasar untuk membuat UI sebuah aplikasi. Untuk membuka wawasan dan menjelajahi cara membuat sebuah mobile application, telah diundang kak Jonathan Darwin yang merupakan alumni BINUS University yang telah berkarir di berbagai perusahaan.

Acara dimulai pada pukul 12.30 WIB. Para peserta sudah antusias menunggu di dalam ruangan dan mempersiapkan laptop mereka masing-masing. Kresna Budi Waluya, selaku MC untuk workshop ini membuka acara dengan meriah. Acara dilanjutkan dengan beberapa kata sambutan dari Aditya Fajri selaku ketua acara, Sarah Karissa selaku President of HIMTI Kemanggisan, dan Natalia Lairan selaku Chairman of HIMTI 2023.

 

Pada sesi pertama, kak Jonathan Darwin memaparkan presentasi yang berfokus pada perkenalan, kegunaan, kelebihan, dan juga kelemahan Flutter sebagai sebuah framework dan Dart sebagai bahasa programmingnya. Tidak hanya itu, kak Darwin juga membagikan beberapa tip penggunaan Flutter di industri dan pengalamannya sebagai seorang Android Engineer. Setelah penjelasan materi, sesi satu ditutup dengan demonstrasi coding yang diikuti oleh para peserta bersama-sama berkenalan dengan syntax dan widget flutter. Sesi pertama ini diakhiri dengan break bagi peserta, panitia, dan kak Darwin.

Setelah break, sesi kedua pun kembali dibuka oleh MC dengan semangat dan kak Jonathan Darwin mengajak teman-teman peserta untuk membuat halaman UI login page BINUS Mobile. Antusias peserta pun terlihat dari banyaknya pertanyaan dan juga interaksi dengan peserta lain untuk saling membantu. Dengan panduan kak Darwin, para peserta pun dapat merasakan sendiri bagaimana cara membangun sebuah UI page untuk sebuah mobile application menggunakan Flutter.

 

Acara ditutup dengan sesi quiz dengan pertanyaan yang sudah disediakan oleh kak Darwin sesuai materi yang telah disampaikannya. Terdapat 3 orang pemenang yang berhasil meraih hadiah untuk workshop kali ini dan dokumentasi pun dilakukan bersama dengan kak Darwin. Selanjutnya, dilakukan sesi dokumentasi secara online dan onsite untuk seluruh peserta dan panitia bersama kak Darwin untuk mengenang kesempatan ini. Terakhir, MC menutup acara dengan memberikan apresiasi kepada seluruh peserta, panitia, dan tentunya kak Darwin.

HIMTI Workshop 2023 berjalan dengan lancar dan sukses. Melalui workshop ini, peserta diharapkan dapat menambah pengetahuan, menemukan passion, dan memulai perjalanan mereka dalam mengembangkan sebuah mobile application menggunakan Flutter untuk memajukan teknologi dan membantu kehidupan orang lain.