Yukk Kenali Struktur pada URL (Uniform Resource Locators)

Yukk Kenali Struktur pada URL (Uniform Resource Locators)

  1. Protocol URL

Bagian dari URL yang menjelaskan bagaimana proses komunikasi (bertukar informasi dan mentransfer data) antar komputer dapat terjadi. Secara default, Protocol terdiri dari HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure).

  1. Sub Domain

Bagian dari Domain URL yang ditulis sebelum domain name, dapat digunakan maupun tidak karena tidak semua situs memiliki WWW (World Wide Web).

  1. Domain Name

Domain Name menunjukkan alamat dari situs yang dituju dan akan menunjukkan ke server web yang sedang diminta. Contohnya : instagram.com , asp.net  , binus.edu , lalulintas.info , wikipedia.org , dsb.

  1. Port

Secara default, HTTP menggunakan port (80) dan HTTPS menggunakan port (443).

  1. Path

Jalur ke sumber daya di server web yang mewakili lokasi file fisik. Umumnya pada suatu URL minimal terdiri dari Protocol dan juga Domain, contohnya : https://www.instagram.com , https://www.binus.edu , https://www.youtube.com/.

  1. Query

Bagian dari URL yang selalu ditandai oleh tanda tanya (?). Pada umumnya dituliskan sebelum parameter dan segera diikuti oleh parameternya.

  1. Parameters

Parameters URL bertujuan untuk meneruskan informasi. Terdiri dari key dan value yang dipisahkan menggunakan tanda (=) dan digabungkan dengan tanda (&).

  1. Fragment

Bagian dari URL yang biasanya muncul di akhir, dimulai dengan tanda hash (#) dan diikuti dengan pengenal yang mengacu pada bagian halaman web.

 

DAFTAR PUSTAKA

https://ginee.com/id/insights/struktur-url-untuk-seo/

https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/pengertian-url.html

https://support.google.com/google-ads/answer/6277564?hl=id