Nodeflux, Perusahaan dari Indonesia penyedia layanan Artificial Intelligence

Dengan perkembangannya Artificial Intelligence(AI) di dalam dekade terakhir ini, banyak aplikasi yang telah ditingkatkan berkat AI dan Machine Learning. Namun apakah itu Artificial Intelligence ataupun Machine Learning? Kecerdasan Buatan atau lebih dikenal dengan sebutan AI, adalah bidang ilmu komputer yang dikhususkan untuk memecahkan masalah kognitif yang umumnya terkait dengan kecerdasan manusia, seperti pembelajaran, pemecahan masalah, dan pengenalan pola. Machine Learning adalah sebuah divisi di dalam AI. Machine Learning lebih berfokus terhadap mempelajari dari dan membuat prediksi berdasarkan data yang direkam, mengoptimalkan fungsi utilitas yang diberikan dalam ketidakpastian, mengekstrak struktur data tersembunyi, dan menggolongkan data menjadi deskripsi singkat. Dengan perkembangan yang kuat dan cepat, banyak start-up dari berbagai negara yang menawarkan Layanan AI atau Machine Learning.

Perkenalkan dengan Start up AI/Machine Learning yang di buat oleh Indonesia, Nodeflux. Nodeflux adalah sebuah tech start up vision AI pertama dan terbesar dari Jakarta, Indonesia. Didirikan pada tahun 2016 dengan visi untuk menjadi standar tertinggi dalam kemajuan teknologi Indonesia. Mereka berhasil menjadi saru dari 24 perusahaan / start up di dunia yang tergabung dalam Metropolis Software Partner Program (NVIDIA-MSPP) yang menyediakan beberapa layanan yang berfokus dengan AI.

Salah satu layanan mereka, yaitu Nodeflux VisionAire adalah sebuah algoritma yang dirancang untuk menganalisis video dan gambar dengan menggunakan kecerdasan buatan dan analitik terdepan serta mengubahnya menjadi kecerdasan yang dapat ditindaklanjuti – baik untuk memperkuat bisnis atau sebagai alat bisnis penting untuk membantu organisasi merampingkan operasi dan meningkatkan pemantauan serta pengalaman pelanggan. Nodeflux VisonAire dapat disebar ke segala jenis sumber, baik itu CCTV, webcam, telepon, kamera, atau lainnya. Berbagai macam aturan logika dapat diterapkan, bahkan dapat dikustomisasi khusus hanya untuk proses bisnis atau kebutuhan klien.

Salah satu pelanggan Nodeflux adalah kerjasamaan dengan Polri serta Dinas Kependidikan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil ) dalam mengimplementasikan Intelligent Video Analytics (IVA) dengan mengunakan fitur pemandai wajah ( Face Recognition ) pada ribuan titik yang terkoneksi langsung dengan kamera CCTV di Jakarta dan Bandung, dalam rangka memudahkan pengelolaan kota. Dengan data yang terkumpul di arsip POLRI dan Disdukcapil, Nodeflux VisionAire dapat mengidentifikasi kan setiap orang dan objek dalam visi kamera dengan akurasi yang tinggi dan secara efektif. Pada saat ini, Nodeflux terlah berhasil mengintegrasikan layanannya dengan database yang terisi dengan lebih dari 150 juta penduduk indonesia di Dukcapil.

 

Daftar Pusaka:


  • Penulis : Jayson Mikael
  • Editor : Marcello Yoel