Bikin bangga, Inilah Beberapa Aplikasi Karya Anak Indonesia yang Mendunia!

Di era industri 4.0 saat ini, kemajuan teknologi berkembang sangat pesat. Hal ini menyebabkan munculnya startup di bidang teknologi, tak terkecuali di Indonesia sendiri. 

Salah satu kecanggihan teknologi yang bisa kita lihat yaitu banyaknya aplikasi canggih pada smartphone yang memudahkan kita dalam melakukan segala aktivitas.

Seperti yang kita tahu, sebagian besar aplikasi yang populer biasanya berasal dari luar negeri. Meski begitu, Indonesia juga enggak mau kalah, nih. Beberapa aplikasi buatan karya anak Indonesia ini juga berhasil menarik perhatian dunia, lho!

Mau tahu apa saja? Yuk cari tahu aplikasi buatan karya anak Indonesia apa saja yang mendunia!

1. Gojek

Gojek merupakan aplikasi penyedia jasa layanan yang dirilis pada Desember 2014. Aplikasi layanan transportasi online ini menjadi salah satu aplikasi yang berkembang dengan sangat pesat di Indonesia karena mampu menjadi solusi bagi banyak orang. Melalui aplikasi ini, siapa pun dapat dengan mudah memesan ojek, taksi, makanan, antar barang, hingga belanja kebutuhan sehari-hari. 

Aplikasi Gojek ini telah diunduh oleh lebih dari 150 juta pengguna. Tidak hanya populer di Indonesia, kini aplikasi karya Nadiem Makarim ini sudah merambah hingga  ke kawasan Asia Tenggara seperti Singapura, Vietnam hingga Thailand, lho! Jadi, kamu tidak perlu mengunduh aplikasi pendukung ketika berkunjung ke negara-negara tersebut. 

Berkat kepopulerannya, aplikasi Go-Jek telah banyak berinovasi dan melakukan pembaruan pada jasa layanannya, diantaranya GoCar, GoRide, GoFood, GoSend, GoGreener, GoGames, GoGlam, dan masih banyak lagi.

2. PicMix

PicMix merupakan aplikasi besutan Inovidea Magna Global yang dirilis pada tahun 2012. Aplikasi ini cukup populer bagi orang-orang yang gemar mengedit foto. Meski termasuk aplikasi populer, masih ada sejumlah orang yang tak tahu PicMix adalah buatan pengembang Indonesia bernama Calvin Kizana.

Seperti sejumlah aplikasi pengeditan dan berbagi foto, PicMix juga memiliki berbagai fitur termasuk Photo Editors, Photo Collage, dan Cure Stickers. Pengguna juga bisa membagikan foto mereka yang sudah diedit ke jejaring sosial seperti Facebook dan Instagram.

Kesuksesan PicMix tidak hanya menjadi sorotan di Indonesia. Pemberitaan soal aplikasi ini juga pernah dibuat oleh media asing seperti Tech Crunch, lho! Berdasarkan keterangan di App Store, PicMix telah diunduh oleh kisaran antara 10 sampai 50 juta pengguna per tahun 2019. Namun, sayangnya aplikasi ini sudah tidak beroperasi lagi saat ini.

3. WoiLo (sebelumnya Sestyc)

Sestyc atau yang sekarang telah berganti nama menjadi WoiLo (per tahun 2021) ini merupakan aplikasi sosial media yang dikembangkan oleh 5 orang dari Surabaya, yakni Kevin Ciang, Andy Kurnia Wijaya, Michael Fransesco, Lodixon Gonzaller, dan Jesslyn. Sekilas aplikasi ini memiliki kemiripan dengan instagram, salah satunya adalah fitur feeds. Namun Woilo dan Instagram memiliki perbedaan dibagian fungsinya. Woilo lebih kepada aplikasi yang menyediakan akses untuk menambah teman atau bahkan relasi, sedangkan Instagram lebih ke personal branding atau aplikasi yang digunakan untuk mengekspresikan sesuatu. 

WoiLo telah diunduh oleh sekitar 1 juta pengguna. Tentu saja ini awal yang baik bagi para millenial yang sedang ingin menciptakan sesuatu yang berhubungan dengan industri 4.0. 

Nah, sekarang percaya kan kalau kemampuan anak negeri juga tak kalah dengan mereka yang ada di luar negeri. Oleh karena itu,  mari kita support karya anak bangsa!