AI for Human Life

 

picture source: https://hyperegio.eu/wp-content/uploads/2018/09/AI-and-robotics.jpg

Pada era sekarang ini, teknologi berperan sangat penting bagi kehidupan masyarakat dan negara. Kemajuan teknologi banyak membawa dampak positif bagi kehidupan kita. Teknologi berperan dan bertujuan untuk membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan efisien. Contoh teknologi yang sekarang sedang populer di kalangan teknologi dan bisnis adalah Artificial Intelligence (AI). Artificial intelligence atau kecerdasan buatan adalah bagian dari ilmu komputer yang dibuat dengan mesin agar dapat melakukan pekerjaan seperti manusia.

Teknologi Artificial Intelligence (AI) ini sangat berguna untuk sistem komersial yang ada di kehidupan kita. Penerapan teknologi ini sudah bisa kita lihat di kehidupan sehari-hari yaitu, siri, tesla, pandora, cogito, drone, dan masih banyak lagi. Selain itu, apabila kalian pernah menonton film The Transformers, Artificial Intelligence ini juga diterapkan dalam film ini. Begitu banyak penerapan dari Artificial Intelligence yang sudah kita jumpai atau bahkan sudah sering kita gunakan.

Cara kerja Artificial Intelligence ini sama seperti layaknya sebuah robot. Artificial Intelligence dapat bekerja seperti robot dan memiliki kecerdasan jauh diatas manusia. Teknologi ini dapat berguna di berbagai bidang, di antara lain :

  1. Bidang pendidikan

Dalam bidang pendidikan, Artificial Intelligence berperan dalam menyampaikan informasi yang dapat membuat kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif. Dengan demikian, pelajar atau murid tidak perlu berhadapan langsung dengan guru. Hal ini juga dapat mempermudah dan meringankan pekerjaan guru dalam mengajar muridnya.

  1. Bidang kesehatan

Teknologi juga sangat berperan penting dalam bidang kesehatan. Dalam bidang kesehatan, teknologi dapat berguna untuk meminimalisir kesalahan yang ada pada manusia. Sebagai contoh, dalam operasi AI dapat menganalisis data dari catatan medis pasien sebelum operasi dilakukan. Kerja AI ini akan memandu dan mengarahkan ahli bedah selama proses operasi berlangsung. Selain itu, kecerdasan buatan ini juga dapat digunakan untuk memprediksi suatu penyakit lebih awal. Dengan mendapatkan informasi DNA seseorang, Artificial Intelligence akan melakukan pemindaian tubuh untuk mendeteksi penyakit yang ada.

  1. Bidang Industri

Teknologi industri pertanian juga sekarang menjadi teknologi yang sering digunakan. Salah satu contoh penerapan teknologi tersebut yaitu pengeditan genetik tanaman. Pengeditan ini dibuat dengan cara mengumpulkan DNA dan RNA tanaman dan kemudian di edit dengan gen-gen yang ada.

Dari beberapa kegunaan di 3 bidang yang disebutkan diatas, kegunaan Artificial Intelligence untuk membantu kehidupan manusia sangatlah penting. Jika dipelajari lebih dalam lagi, tidak menutup kemungkinan bahwa kedepannya Artificial Intelligence akan menjadi salah satu unsur penting untuk memajukan kesejahteraan manusia dan menjaga populasi manusia untuk tetap bertahan hidup di masa ini.