Peran Big Data di Industry 4.0

 

Pada era digital saat ini, teknologi menjadi hal penting untuk menghadapi revolusi industri 4.0 yang dicirikan dengan perpaduan teknologi yang mengaburkan batas antara fisik, digital, dan biologis. Teknologi yang setiap tahunnya, bahkan dalam hitungan bulan selalu mengalami evolusi, mengikuti tuntutan kebutuhan manusia akan teknologi yang semakin cepat, canggih, dan mutakhir. Hal ini ditandai dengan hadirnya berbagai inovasi dalam bidang teknologi yang di antaranya adalah robotika, kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), Blockchain,  Internet of Things (IoT) dan lainnya.

 

Pengolahan dan pemanfaatan data yang padat dikenal sebagai teknologi Big Data. Big data telah menjadi faktor penting yang melandasi berbagai terobosan teknologi tersebut yang mampu merubah banyak hal dalam kehidupan masyarakat, dan juga telah mendorong munculnya model-model bisnis baru yang jauh lebih efisien dan inovatif. Dengan memanfaatkan dan memahami Big Data, maka suatu perusahaan maupun organisasi akan  mudah mengolah serta menganalisis berbagai data atau suatu permasalahan yang sedang dihadapi baik dari internal maupun eksternal.

 

Definisi dari Big Data sendiri yaitu sebuah teknologi baru yang memungkinan proses pertumbuhan, penyimpanan serta pengolahan data dan informasi yang beragam  serta memiliki kecepatan yang sangat cepat dan efisien dalam pertambahannya. Dengan menggunakan Big Data, pengolahan dan analisis data dalam jumlah yang sangat besar tersebut membutuhkan waktu yang relatif lebih singkat dibandingkan teknologi data sebelumnya sehingga penggunaan Big Data  sangat efisien.

 

Big Data digunakan dalam beberapa industri seperti pelayanan sektor publik, layanan pembelajaran, layanan asuransi, layanan transportasi, layanan kesehatan, dan lainnya. Beberapa manfaat Big Data yang sudah dirasakan khususnya dalam bidang usaha yaitu untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai kondisi pasar saat ini. Misalnya dengan menganalisis pilihan dan respon para pelanggan untuk mengetahui produk yang membutuhkan improvisasi. Hal tersebut membantu sebuah perusahaan dalam  membuat sebuah produk sesuai dengan minat dan pilihan para pelanggannya. Dalam bidang kesehatan,

 

Big Data sangat membantu dalam melacak riwayat dan hasil riset atas seluruh keluhan pasien dengan lebih cepat dan efisien yang dapat menjadi acuan untuk berbagai penyuluhan kesehatan. Selain itu, pemerintah juga memanfaatkan Big Data untuk mendapatkan feedback masyarakat melalui sistem informasi layanan pemerintah untuk mengatasi permasalahan yang ada. Produktivitas hasil tani juga dapat ditingkatkan dengan melakukan riset menggunakan Big Data terhadap hal-hal yang berdampak pada tumbuhan yang akan ditanam seperti menganalisis informasi cuaca dan tingkat kesuburan tanah. Hal tersebut dapat membantu petani maupun pemerintah dalam memilih varietas tanaman yang akan ditanam. Big Data juga mempunyai pengaruh yang besar dalam pengaturan lalu lintas, berbagai administrasi, perbaikan industri dan logistic, dan lainnya.

Picture Source : https://www.safetyandhealthmagazine.com/articles/17820-technology-big-data-and-worker-safety