Tips Sukses Berkarir di Bidang Teknologi

Di abad 21 ini, teknologi merupakan hal yang mulai menjalar ke setiap segi kehidupan kita. Mulai dari smart city, smartphone, smart alarm, smart watch dan sebagainya. Dan menurut para petinggi Cisco, diperkirakan pada tahun 2020 nanti, perkembangan teknologi IoT (Internet of Thing, re:dimana benda sehari-hari dapat terhubung ke internet) akan meningkat sampai dua puluh miliar perangkat. Bayangkan jika bisnis seperti IoT ini benar-benar dikembangkan.

Banyak orang memilih teknologi sebagai bidang yang didalaminya, selain karena potensinya yang sangat besar, bisnis teknologi ini juga tidak akan pernah jatuh.

Seperti Mark Zuckerberg tentu tak asing lagi bagi kita. Atau Andrew Darwis founder dari Kaskus. Karirnya dalam bidang teknologi yaitu jejaring social sangatlah menginspirasi orang banyak. Dan buat kalian para mahasiswa, terutama dari jurusan yang erat dengan teknologi komputer, ga perlu kuatir karena masa depan kalian pun bisa seperti mereka.

Yuk cek tips-tips cara mengembangkan karir yang sukses di bidang teknologi:

  1. Belajar Bahasa Pemograman

Ga ada salahnya dipelajari, selain untuk mengasah skill kamu, bisa mempermudah kamu saat mencari pekerjaan. Jangan juga terpaku pada satu bahasa, pelajari dari yang mudah dulu. Posisi pekerjaan yang berhubungan dengan program adalah yang paling banyak dicari beberapa tahun terakhir.

 

  1. Jangan terpaku pada satu ilmu

Jika sudah belajar pemogramanan, jangan hanya berhenti disitu. Kamu bisa mulai mempelajari hal dasar tentang webdesign, multimedia, bahasa pemograman lain, software aplikasi, dan sebagainya.

 

  1. Sering membaca tentang perkembangan teknologi

Jangan sampai kamu ketinggalan berita soal perkembangan teknologi itu sendiri. Sesuaikan dengan inovasi dan passion yang kamu punya. Dengan kemudahan teknologi yang ada, kamu dapat dengan mudah mengakses tiap informasi baru yang ada.

 

  1. Bangun sebuah website

Website ini sebagai sarana kamu mempromosikan diri kamu. Buat design dan isi website sesuai dengan ciri khas diri kamu. Jaga website agar tetap aktif dan lakukan promosi agar website kamu dikenal.

 

  1. Pelajari Internet Marketing

Dengan mempelajari ini, kamu dapat meningkatkan branding karir kamu atau pun mendapat keuntungan dari sana. Terutama bagi kamu yang bergerak di technopreuneur. Karena sekarang semua terhubung ke internet, memudahkan kamu untuk melakukan internet marketing. Bisa dimulai dengan konsultasi dahulu pada yang berpengalaman.

 

  1. Asah kemampuan inggris

Kemampuan inggris sangat dibutuhkan terutama dalam profesi. Karena sekarang hampir semuanya based on english. Kamu akan sangat terbantu untuk mempelajari hal apapun di internet yang menggunakan bahasa inggris, khususnya yang berkaitan dengan dunia teknologi.

 

  1. Perluas koneksi dan komunikasi

Bukan hanya hardskill, kamu juga harus punya softskill yang baik. Kemampuan komunikasi merupakan salah satu yang penting. Hal ini berguna saat kamu interview, menawarkan produk, ataupun saat bekerja sama dengan sponsor.

Mencari koneksi bisa kamu mulai dengan ikut dengan komunitas-komunitas yang mendukung kamu, seperti UKM/HMJ di universitas, Siapa tau kamu bisa menemukan partner untuk diajak bekerja sama.

 

  1. Buat Inovasi

Ide yang menarik dan berbeda selalu dicari. Ciptakan inovasi yang kamu inginkan, seperti aplikasi, website, game, dll. Jangan pikirkan soal keuntungan dahulu, yang penting ide kamu bisa bermanfaat bagi orang banyak. Dan jangan lupa dalam berkarir attitude adalah nomor satu.

 

Sumber

http://www.pintarkomputer.com/7-tips-sukses-membangun-karir-di-bidang-teknologi/

https://www.maxmanroe.com/4-tips-sukses-menjalankan-profesi-di-bidang-teknologi-it.html

Elisabeth Yakolina