tanam pohon, hemat kantong plastik, buang sampah

Oleh: Dimas Maulana Sani

Tanam pohon

Info: Hingga saat ini, Indonesia telah kehilangan sekitar 72% hutan aslinya. Penambangan dan penanaman tidak berjalan dengan selaras sehingga angka penebangan cenderung jauh lebih tinggi dibanding penanaman pohon.

 

Dampak: Dampak kerusakan hutan di Indonesia adalah, daerah Indonesia menjadi rentan bencana baik bencana kekeringan, maupun longsor. Selain itu, Indonesia juga bisa kehilangan satwa endemik dan tumbuhan lokal kebanggan Indonesia akibat kerusakan hutan yang semakin mengkhawatirkan

 

Ajakan: Ayo, mulailah dari diri kita sendiri untuk menjaga hutan Indonesia yang kita cintai ini, dengan setidaknya menanam pohon secara kecil-kecilan di halaman rumah maupun bergerak membantu hutan Indonesia. Karena kalau bukan bangsa Indonesia sendiri yang melakukan, siapa lagi ?

 

Hemat Kantong Plastik:

Info : Rata-rata kantung plastik hanya digunakan selama 25 menit, tetapi untuk hancur dan terurai membutuhkan waktu kurang lebih 500tahun. Ini menjadi masalah serius, data terakhir menyebutkan bahwa Indonesia merupakan penyumbang terbesar kedua di dunia untuk sampah plastik.

 

Dampak: Bayangkan apabila penggunaan plastik berlebih yang terjadi di Indonesia, apabila minim penanganan akan semakin merusak alam Indonesia baik daratannya maupu lautannya. Karena, sampah plastik di laut pasti berasal dari daratan yang membuat kerusakan biota laut

 

Ajakan: Mari kita semua mendukung gerakan pemerintah dan mengurangi penggunaan plastik sehari-hari dengan membawa keranjang belanja sendiri minimal. Hal itu dapat sangat berdampakpada sampah plastik yang kita buang setiap hari dan juga ikut menyelamatkan alam Indonesia yang kita cintai.

 

Buang sampah

Info: Indonesia sempat dinobatkan sebagai negara ketiga paling kotor didunia, dibawah China dan India. Apakah penyebabnya ?. Dewasa ini, kurangnya kepedulian masyarakat dalam membuang sampah dan juga budaya memilah sampah baik sampah basah, sampah kering maupun organik, kemudian juga turut andil industri yang membuang limbahnya ke aliran sungai sangat berperan dalam dampak ini.

 

Dampak: Indonesia menjadi rentan terhadap banjir akibat sampah yang menyumbat aliran air akibat kebiasaan membuang samapah tidak pada tempatnya. Sungai-sungai banyak yang rusak dan menjadi sangat berbahaya apalagi warga pedalaman yang masih memanfaatkan aliran sungai. Dan yang paling terlihat adalah dengan banyaknya sampah yang dibuang sembarangan, lingkungan menjadi tidak enak untjk diliat karena akan munculnya sgigma kumuh.

 

Ajakan: Seharusnya pemberian predikat terkotor ini tidak membuat kita sebagai masyarakat Indonesia malu. Tetapi, menjadi pelcut semangat kita untuk melakukan minimal membuang sampah pada tempatnya baik limbah rimah tangga dan industri. Kita sebagai warga Indonesia sendirilah yang harus menjaga lingkungan kita dan tanam lah kebiasaan pada diri masing-masing untuk membuang sampah pada tempatnya yang lambat laun menjadi sebuah kebudayaan yang akan membuat lingkungan menjadi jauh lebih baik