Programming Class Unity

Oleh : Dian Hidayat

PC

Perkembangan teknologi pada beberapa dekade terakhir yang pesat, sangat berpengaruh terhadap perkembangan dunia game. Game yang pada awalnya dimainkan melalui perangkat komputer, kini mulai merambah ke perangkat smartphone. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, game dimainkan oleh segala kalangan dan tidak terbatas oleh umur.

Oleh karena hal itulah HIMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) selaku organisasi bagi seluruh mahasiswa School of Computer Science BINUS University mengadakan kelas khusus yang bernama “Programming Class: Unity” untuk membantu mahasiswa mengembangkan kemampuannya untuk menguasai salah satu aplikasi game engine yaitu Unity. Pengadaan kelas khusus ini diadakan pada tahun 2015 lalu tepatnya pada tanggal 16 Oktober hingga 6 November, dan pada setiap hari Jumat tiap minggunya selama dua sesi sesuai jam perkuliahan normal (pukul 13.20 WIB – 17.00 WIB).

Potensi berkembangnya dunia game yang besar disadari oleh mahasiswa dan hal ini terlihat dari tingginya minat mahasiswa untuk mengikuti Programming Class. Antusiasme mahasiswa yang tinggi ini disebabkan oleh beberapa hal, terlepas dari tema Kelas Pemrograman yang menarik yaitu Unity, juga disebabkan oleh pengajar tamu yang diundang oleh pihak HIMTI selaku penyelenggara pada salah satu sesi. Pengajar tamu yang diundang adalah salah satu programmer Unity dari Touchen Games, salah satu pengembang game ternama di Indonesia. Beberapa karya Touchten Games diantaranya adalah, Dagelan Cerdas, Teka Teki Saku, serta 9Gag Redhead Redemption. Keberadaan pengajar tamu ini juga menambah motivasi peserta untuk lebih mendalami dan menjelajahi dunia game digital langsung dari praktisi yang sudah terjun di lapangan.

Melihat dari antusiasme inilah pihak HIMTI bertekad secara rutin mengadakan kegiatan Programming Class dengan berbagai tema menarik lainnya, yang tentu saja tidak akan didapatkan mahasiswa BINUS University dalam perkuliahan formal. Dengan inilah mahasiswa dapat terus mengasah ilmunya secara up-to-date dan turut dipersiapkan memiliki skill tambahan dalam menghadapi persaingan di dunia kerja.