Beton “Ajaib” ?

TOP-MIX PERMEABLE

Di musim hujan saat ini, pasti salah satu yang di takutkan warga Jakarta adalah banjir. Pemda DKI Jakarta sekarang ini berupaya menormalisasi kali di Jakarta, upaya Pemda untuk menanggulangi banjir ini sudah cukup membuahkan hasil, terbukti berberapa titik banjir yang menjadi langganan banjir Jakarta tidak sebanyak dulu. Tetapi beberapa hari yang lalu terdapat berita bahwa daerah Tanjung Duren terendam banjir yang cukup tinggi, air menggenang di jalan-jalan protokol. Oleh karena itu, pemerintah DKI Jakarta seharusnya menggunakan cara lain selain normalisasi kali tersebut karena prosesnya memakan waktu berbulan-bulan.

Salah satu cara yang cukup tepat untuk mengatasi genangan air di jalan dapat menggunakan penemuan terbaru di bidang konstruksi dari Perusahaan Lafarge Tarmac, yaitu Topmix Permeable. Topmix Permeable ini adalah sebuah beton berongga yang dapat menyerap air. Beton ini memiliki beberapa kelebihan, seperti manajemen lingkungan, efisiensi biaya konstruksi, dan mudah penempatannya. Dan pengaplikasiannya dapat digunakan untuk tempat parker, jalur sepeda, jalan trotoar, beberapa sarana olahraga, dan sebagainya. Topmix Permeable dapat menyerap air sebanyak 600 liter meter persegi dalam satu menit.

Lafarge melapis bagian atas beton dengan kerikil lebih besar. Air akan masuk di celah batu kerikil dan mengalir ke drainase. Fungsi dengan lapisan atas ini dapat dimanfaatkan untuk jalan trotoar atau jalur sepeda air yang tergenang langsung masuk di cela batu sehingga jalan langsung kering kembali. Tetapi desain jalan dari Lafarge ini tidak bisa digunakan untuk daerah cuaca ekstrim dingin. Beton dibagian bawah dapat rusak karena air dapat menjadi es dan meretakan kerikil dibagian atas.

Dibawah ini bentuk kerikil terlihat lebih besar untuk jalan. Bagian bawah kerikil diberikan pelapis sebagai drainase, dan lapisan dasar seperti plastik tebal sebagai lapisan permanen sebelum lapisan tanah.

ARTIKEL 2Dengan Stuktur lapisan :

http://i.dailymail.co.uk/i/pix/2015/09/23/10/2C981F1E00000578-3243247-The_company_says_by_adding_drainage_systems_into_the_aggregate_b-a-3_1442998917044.jpg

http://4.bp.blogspot.com/-zcjwabIHw2c/VhwmIJ0kkNI/AAAAAAAAEds/DqUTJ3oCOB8/s1600/Figure-1_Cross-Section.jpg

berikut cuplikannya

http://https://www.youtube.com/watch?v=vlFX_WTFIis