Inovasi Teknologi Untuk Peningkatan Layanan Finansial di Era Pandemi

Oleh: Tagreg Wiryo Nursalim – 2440081721

Dalam era pandemi ini, kita dipaksa untuk segera berbenah dan melakukan inovasi untuk terus mendukung proses bisnis yang ada. Inovasi proses bisnis juga dilakukan untuk memberikan layanan digital yang lebih baik kepada masyarakat demi mendukung .

Menurut penelitian yang dilakukan oleh McKinsey, pandemi covid-19 telah mengakselerasi transformasi digital pada perusahaan dengan sangat cepat, adopsi layanan digital mengalami akselerasi beberapa tahun kedepan hanya dalam beberapa bulan, yang didorong oleh perubahan mendasar yang terjadi pada konsumen dikarenakan pandemi covid-19.

Dalam hal tranformasi digital, layanan Cloud Computing memiliki peran kunci dan menjadi katalisator dalam implementasinya. Saat ini setiap perusahaan mengukur kinerja mereka melalui pengalaman pelanggan, model bisnis layanan Cloud Computing mendukung organisasi untuk melakukan adopsi yang lebih cepat dan menawarkan pengalaman baru kepada para pelanggannya.

Cloud Computing pada dasarnya adalah metode penyampaian berbagai layanan melalui internet. Sumber daya yang dimaksud contohnya adalah aplikasi seperti penyimpanan data, server, database, jaringan, dan perangkat lunak. Hal ini menjadi kunci untuk bisa terus bersaing di era pandemi.

Dengan uraian diatas, pandemi ini merupakan momentum yang tepat untuk mengakselerasi program Making Indonesia 4.0 yang telah dicetuskan oleh Presiden Jokowi pada 4 April 2018. Untuk itu, kegiatan dalam hal peningkatan penguasaan teknologi dan adopsi teknologi perlu terus dilakukan.

Sumber: https://event.cloudcomputing.id/e/inovasi-teknologi-finansial