Karir yang Bisa Diraih Lulusan Computer Engineering

Mahasiswa jurusan Computer Engineering diharapkan untuk bisa merancang, mengembangkan perangkat-perangkat elektronika & komputer, dari hal yang kecil seperti kalkulator hingga superkomputer. Dengan perkembangan teknologi yang tidak ada hentinya, kebutuhan akan insinyur lulusan Computer Engineering pun semakin besar. Tidak hanya itu, gelar sarjana dari jurusan Computer Engineering juga membuka pintu karir ke industri mana saja.

Jika Anda menyukai bongkar-pasang perangkat-perangkat elektronika/komputer dan melihat cara mereka bekerja, dengan ketertarikan dalam bidang matematika dan IPA, karir menjadi seorang Computer Engineer mungkin adalah jalan yang tepat bagi Anda. Computer Engineer tidak hanya menjadi “ahli teknik” atau “tukang reparasi”, namun bisa berkarir di berbagai bidang, dari merancang dan merakit perlengkapan medis sampai bekerja untuk perusahaan pertahanan, militer, atau bahkan Departemen Pertahanan. Tidak seperti yang dipercaya kebanyakan orang, Computer Engineer tidak hanya bekerja di laboratorium sendirian, melainkan bekerja dalam kelompok-kelompok. Maka itu dibutuhkan keahlian berkomunikasi dan bekerjasama dengan rekan kelompok.

Gelar dalam jurusan sistem komputer memenuhi syarat untuk melamar kerja dalam setiap industri yang dapat Anda pikirkan. Keterampilan yang dibutuhkan berkaitan dengan merakit, memperbaiki, dan mengembangkan perangkat-perangkat elektronik/komputer, dan untungnya, jaman sekarang hampir setiap orang menggunakan komputer dan perangkat-perangkat elektronik, dan permintaan atas tenaga profesional yang terampil akan selalu ada dan meningkat. Contoh-contoh bidang usaha yang menggunakan tenaga kerja dari bidang Computer Engineering adalah sebagai berikut:

  • Badan usaha yang bergerak dalam bidang scientific research & development.
  • Perusahaan manufaktur komponen elektrik.
  • Pembangkit, distribusi dan transmisi tenaga sumber daya.
  • Perusahaan pembuat sistem pengendalian navigasi, peralatan medis dan perangkat pengukuran.

Setelah kita ketahui bidang-bidang usaha yang dapat kita geluti diatas, perlu diketahui bahwa seorang Computer Engineer harus memiliki keahlian dalam bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam, kemampuan dalam menganalisa sistem untuk mengerti cara kerjanya, dan menentukan bagaimana perubahan dapat mempengaruhi fungsi sistem dan pengetahuan tentang sistem listrik, komputer dan rangkaian listrik.

Dan berikut adalah beberapa dari banyak jabatan yang dapat diperoleh Computer Engineer:

  • Research Engineer

Bekerja dalam lab, menguji dan menemukan. Memerlukan kreativitas tinggi dan kesabaran yang sama tingginya. Apapun pekerjaannya, dari kecil sampai besar, Research Engineer bertanggung jawab untuk teknologi tahap penemuan dibalik setiap produk baru.

  • Design Engineer

Begitu suatu teknologi ditemukan, maka setelah itu harus diterapkan. Design Engineer menggunakan simulasi dan model berbasis komputer untuk mengubah inovasi menjadi suatu produk yang dapat dipasarkan. Design Engineer harus memiliki keterampilan memvisualisasikan bagaimana gambaran seluk-beluk dari produk di masa depan, sambil menciptakan banyak skenario untuk aplikasi teknologi baru.

  • Project Engineer

Bertugas sebagai pengawas engineer spesialis sepanjang konstruksi purwarupa dari sebuah produk atau teknologi baru. Project Engineer harus memiliki keahlian kepemimpinan yang tinggi, dibarengi dengan kehandalan dalam banyak bidang elektronika/komputer.

  • Test Engineer

Bertugas merancang program perangkat elektronik/komputer dan memecahkan masalah pada perangkat tersebut. Test Engineer juga bertugas untuk menjaga agar teknologi bekerja dengan semestinya, dan memahami elemen-elemen yang perlu diuji dalam urutan tertentu. Ketahanan untuk tetap tajam bahkan setelah berjam-jam bekerja dibutuhkan dalam jabatan ini.

  • System Engineer

Kabel listrik, telepon dan jaringan nirkabel memerlukan keterampilan System Engineer untuk proses pemasangan dan perawatan yang semestinya. Perhatian pada detail pentung bagi lulusan yang ingin bekerja di bidang ini. System Engineer yang berpengalaman memiliki kemampuan untuk berpikir secara menyeluruh tentang sistem yang mereka buat.

  • Application Engineer

Bekerja dengan apapun yang dimiliki, menyesuaikan diri dengan peralatan dan teknologi yang ada untuk memuaskan atasan maupun klien. Mereka harus banyak akal dan memahami kemampuan mereka secara mendalam dan modifikasi yang dapat diciptakan dari peralatan yang ada.

Demikian bidang-bidang karir yang dapat dikejar oleh lulusan jurusan Computer Engineering. Semoga di masa depan kita semua bisa sukses dan menggapai apa yang diimpikan.

Referensi:

Nicholas Julian