PILMAPRES BINUS 2024

Pada hari Kamis, tanggal 28 Maret 2024, telah diselenggarakan PILMAPRES Universitas Bina Nusantara. Tujuan diselenggarakan acara ini untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi perwakilan perubahan dalam membangun Indonesia ke arah yang lebih baik. Acara ini diselenggarakan secara online, yang ditayangkan melalui akun Youtube Binus TV. Terdapat delapan kandidat yang mewakili setiap fakultas dari seluruh region yang ada di Binus. 

Pada awal acara, ditayangkan para kandidat dari perwakilan setiap fakultas, dan acara dilanjutkan dengan pembukaan doa oleh koordinator umum KMK, yaitu Angelica Virginevra Malina More. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Himne Binus. Kemudian, dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Dr. Ir. Yohannes Kurniawan, S.Kom., S.E., MMSI. selaku Vice Rector Student Affairs Binus. Sesi pertama adalah Impromptu Speech, dengan Wishnoebroto, S.Pd., M.Hum., MA. dan  Dr. Franklin G. Talaue, M.A.Engl sebagai panelis dalam sesi ini. Dalam Impromptu Speech, setiap kandidat akan diberikan kasus, dan memaparkan argumen tersebut dengan diberikan waktu 3 menit, para kandidat lain juga diberikan kesempatan untuk menyanggah argumen tersebut. Pada akhir sesi acara para panelis memberikan masukan kepada seluruh kandidat tentang pemaparan argumen yang telah dilakukan.

Pada sesi kedua, adalah presentasi karya tulis ilmiah oleh setiap peserta, dengan juri oleh Prof. Dr. Juneman Abraham, S.Psi., M.Si. dan Dr. Ir. Yohannes Kurniawan, S.Kom., S.E., MMSI. Pada sesi ini dilakukan presentasi karya tulis ilmiah oleh setiap kandidat yang akan diberikan waktu selama 7 menit dan dilanjutkan sesi tanya oleh para juri. Pada akhir sesi acara para panelis memberikan masukan kepada seluruh kandidat tentang presentasi karya tulis yang telah dilakukan.

Sesi berikutnya adalah pengumuman dan kesan pesan oleh para kandidat setelah mengikuti acara tersebut. Dimana dimenangkan oleh Matthew Christian Darmawan dari fakultas Binus Business School untuk kategori PILMAPRES terbaik dan Aurelia Bianca Hanjaya untuk kategori PILMAPRES favorit. 

Diandra Lestriani Humairah