Data Scientist VS Data Analyst

Data adalah kumpulan fakta atau informasi numerik yang digunakan sebagai dasar untuk analisis statistik. Sedangkan statistik adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang cara mengumpulkan, menganalisis, menafsirkan, dan membuat kesimpulan dari data. Sehingga melalui dua pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa statistik dan data saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan antara satu sama lain.

Di era 4.0 istilah big data sering terdengar yang mana kemudian istilah profesi data scientist dan data analyst juga semakin populer. Sebenarnya apa sih data scientist dan data analyst itu? Data Scientist adalah orang yang menganalisis, memproses, mendesain model dan algoritma data untuk diinterpretasikan menjadi rencana atau tindakan perusahaan. Sedangkan data analyst adalah orang yang mengumpulkan dan menafsirkan data untuk memecahkan masalah tertentu melalui proses data cleaning, transformasi, dan pemodelan data.

Data scientist seringkali berurusan dengan data mentah yang tidak terstruktur atau bahkan permasalahan bisnis yang bersifat tidak berwujud sehingga pekerjaannya membutuhkan tools dan metode dari statistika serta machine learning untuk merampingkan datanya. Sedangkan data analyst biasanya bekerja dengan data terstruktur untuk memecahkan masalah bisnis yang jelas menggunakan alat seperti bahasa pemrograman SQL, R, atau Python, software visualisasi data, dan analisis statistik.

Selain itu, data scientist memerlukan keterampilan algoritma machine learning yang digunakan untuk membangun sebuah model berdasarkan data untuk mengenali dan mengklasifikasikan pola dalam data yang kemudian digunakan untuk memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Sedangkan data analyst memerlukan keterampilan teknik visualisasi data, statistik ringkasan dan inferensial, keterampilan presentasi dan komunikasi.

Secara ringkas perbedaan di antara kedua profesi tersebut adalah data scientist merupakan seseorang yang memprediksi masa depan dengan data menggunakan algoritma machine learning, sedangkan data analyst merupakan seseorang yang memecahkan masalah dengan data.

ā€¨Referensi:

Putri Nurhaliza