Benarkah Obat Herbal Bisa Sembuhkan Kanker Pada Anak?

Kanker bisa menyerang tubuh manusia ,yakni jaringan yang membentuk tubuh dan melindungi organ vital di dalamnya. Meski dapat mengancam jiwa, penyakit ini masih bisa sembuh, dengan radioterapi atau kemoterapi. Terutama jika kanker terdeteksi lebih awal dan mendapatkan penanganan lebih cepat. Di Indonesia sendiri terdapat 11 ribu kasus baru kanker pada anak-anak dan yang terbanyak adalah leukemia atau dapat dikatakan sebagai kanker darah.

        Kita mengetahui obat Herbal dapat memberikan dampak positif bagi tubuh kita, dikarenakan khasiat yang terkandung di dalamnya .Banyaknya informasi yang beredar di masyarakat terkait dengan sejumlah tanaman yang dapat mengurangi gejala maupun dapat menyembuhkan kanker .Banyak orang menganggap pengobatan dengan tanaman herbal atau obat herbal dapat menghilangkan sel-sel kanker di dalam tubuh pengidapnya.  

        Namun belum terdapat bukti yang pasti tentang khasiat obat herbal dalam menyembuhkan kanker bagi penggunanya baik itu anak-anak, maupun orang dewasa. Menurut dr Teny obat untuk jenis kanker pada anak disesuaikan dengan obat yang sudah terdapat dasar penelitian. Dapat dikatakan obat herbal tidak dapat menyembuhkan berbagai jenis kanker pada anak dan mungkin saja obat herbal dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan dari penyakit kanker.       

        Seperti yang dikatakan sebelumnya,Terdapat beberapa obat herbal yang dapat mengurangi gejala jenis kanker tulang pada anak yaitu terdiri dari obat herbal kunyit, Bawang putih,kombinasi ekstrak herbal(Ginseng,herba agrimoniae, herba agrimoniae hairy vein, ramuan patrinia bunga putih dan arginin),dan Chitrak. Dapat dikatakan bahwa Obat herbal digunakan sebagai obat untuk mengurangi gejala dari penyakit yang disebabkan oleh kanker . Faktanya kanker dapat diderita oleh semua kalangan usia baik itu usia anak-anak, remaja maupun usia dewasa dengan berbagai tingkatan baik itu stadium 1, 2, 3, dan 4 . Dengan penanganan yang tepat dan segera kanker yang diderita akan lebih mudah sembuh dengan pemberian obat dan kemoterapi .

Referensi : 

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6572720/apakah-obat-herbal-bisa-sembuhkan-kanker-anak-dokter-bilang-gini 

https://hellosehat.com/kanker/kanker-tulang/obat-herbal-kanker-tulang/ 

https://www.tribunnews.com/kesehatan/2023/02/16/ada-11-ribu-kasus-kanker-baru-pada-anak-di-indonesia-yang-terbanyak-leukemia 

Kelvin Jonatan