PILMAPRES 2022 Binus University

Halo semua, pada tanggal 4 Maret 2022, BINUS mengadakan acara rutin tahunannya yaitu PILMAPRES yang dimulai dari pukul 09.00 WIB. PILMAPRES merupakan pemilihan mahasiswa berprestasi yang rutin diadakan tiap tahun untuk memilih kandidat terbaik dalam mewakili BINUS University pada PILMAPRES, baik dalam tingkat LLDIKTI maupun sampai tingkat nasional. Akan ada dua sesi, yaitu presentasi karya tulis ilmiah oleh kandidat yang berlangsung dari pagi sampai siang dan juga impromptu speech yang akan dilangsungkan dari siang sampai sore. Selain pemilihan mahasiswa berprestasi terbaik, penilaian juga dilakukan secara voting pada Microsoft Forms untuk memilih mahasiswa berprestasi terfavorit.

Ada 8 kandidat terbaik yang dipilih untuk mewakili jurusannya masing-masing pada PILMAPRES tahun ini. Untuk sesi pertama, ada 2 panelis yaitu Bapak Prof. Tirta Nugraha Mursitama, S.Sos., M.M., Ph.D. selaku Vice Rector Research and Technology Transfer, dan Bapak Prof. Dr. Ir. Widodo Budiharto, S.Si., M.Kom., IPM., SMIEEE selaku Lecturer Specialist S3 School of Computer Science. Presentasi akan dilakukan selama 5 menit dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab berdurasi 5 menit untuk setiap kandidatnya.

Pada sesi kedua yaitu impromptu speech, para peserta akan memberikan argumen pada 10 keys yang diberikan oleh panelis, dan peserta yang lain dapat menanggapi argumen yang dipaparkan. Panelis pada sesi ini adalah Bapak Dr. Franklin G. Talaue, M.A.Engl. sebagai Language Center Manager @Senayan dan Ibu Desi Indrawati, S.Pd., M.Hum. dari Language Center Binus @Bandung. Waktu untuk memaparkan argumen adalah 3 menit dan waktu untuk memberikan materi adalah 3 menit. Peserta lain diperbolehkan memberikan tanggapan atas materi yang dibawakan selama 1 menit dan peserta harus menanggapi tanggapan tersebut dalam 1 menit.

Sebelum pengumuman pemenang, ada penampilan dari program Ruang Ekspresi BINUS University berupa video singkat, Orchestra from Home Project, dan beberapa hiburan menarik lainnya. Pemenang akan dibacakan oleh Bapak Robby Saleh, S.Kom., M.T.. Untuk Mawapres terfavorit adalah Shanta Haresh Keswani dari School of Information System dan Mapres yang akan mewakili BINUS pada LLDIKTI, lalu yang ke tingkat nasional adalah Cindy Carneta dari Faculty of Humanities.

Sebagai penutupan, kami selaku pengurus dari aktivis HIMSTAT 22 mengucapkan selamat bagi Shanta dan Cindy karena sudah terpilih menjadi mawapres favorit dan mapres. Semoga Cindy dapat mewakili BINUS University dalam ajang PILMAPRES tingkat LLDIKTI III DKI Jakarta atau Nasional dengan baik.

Vika Valencia Susanto