Perbedaan Statistik dan Statistika

Apakah kalian tahu, meskipun terlihat sama, ternyata terdapat perbedaan antara statistik dan statistika. Kedua kata ini sering digunakan saat menulis laporan atau ketika menjawab soal. Kata-kata ini juga sering digunakan ketika kita melakukan pengolahan data.

Statistika dan statistik sebenarnya merupakan kata yang lazim untuk digunakan untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan data. Namun, yang jarang disadari keduanya memiliki makna yang cukup berbeda.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), statistik adalah angka-angka atau catatan yang dikelompokkan, dikumpulkan, serta ditabulasi sehingga akan didapatkan informasi yang berkaitan dengan angka tertentu. Data atau angka pada statistik bisa diperoleh dari pengumpulan data secara langsung ataupun tidak langsung. Karenanya, statistik pada dasarnya merupakan kumpulan data yang dihasilkan dari pengolahan yang dipelajari dalam statistika. Dengan kata lain, statistika adalah ilmunya sedangkan statistik adalah datanya.

Statistika adalah metode atau ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengumpulkan, merencanakan, mengintepretasi, dan menganalisis data. Tujuannya untuk mempresentasikan hasil data yang diperoleh. Singkatnya, statistika adalah cabang ilmu yang berkaitan dengan data serta cara mengumpulkannya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang cara mengumpulkan, menabulasi, menganalisis, dan menemukan keterangan dari data. Biasanya, data yang dikumpulkan dalam statistika berupa angka-angka. Bisa dilihat jika sebenarnya kedua istilah berbeda, meski saling berkaitan.

Tujuan Statistika adalah sebagai sebuah ilmu atau metode ilmiah yang digunakan untuk mempermudah dalam pengolahan dan menginterpretasikan data yang sudah dikumpulkan sebelumnya. Dengan menggunakan statistika, data dari sebuah masalah yang sebelumnya dapat dikumpulkan, diolah, diinterpretasikan, kemudian digunakan untuk tujuan tertentu. Data hasil pengolahan ilmu statistika inilah yang kelak akan disebut sebagai statistik. Jadi, tujuan atau fungsi dari statistik adalah mendapat gambaran atas data-data yang sudah dikumpulkan dan dikaji sebelumnya. Dengan begitu, dari data tersebut dapat ditarik kesimpulan atas permasalahan atau persoalan yang sedang dipelajari atau dikaji.

Berdasarkan penjelasan diatas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa statistika adalah sebuah metode untuk mengolah data yang bisa menghasilkan sebuah statistik. Statistika lebih banyak membahas mengenai proses pengolahan data yang ada agar bisa menjadi sebuah informasi atau statistik. Sedangkan, statistik berhubungan dengan informasi tertentu yang terkandung oleh data. Oleh karena itu, dapat kita katakan bahwa statistik adalah data itu sendiri

Referensi :

  • https://www.merdeka.com/trending/pahami-perbedaan-statistik-dan-statistika-beserta-contohnya-kln.html?page=3
  • https://insanpelajar.com/statistik-dan-statistika/
Amanda Gouw, Rico Tokanto, dan Natanael Haposan Jeby