Perlukah Sebuah Pembangunan Berkelanjutan ?

Perlukah Sebuah Pembangunan Berkelanjutan ?

 

Pembangunan berkelanjutan adalah proses pembangunan (lahan, kota, bisnis, masyarakat, dsb) untuk generasi yang akan datang dengan memprioritaskan kepentingan masyarakat umum. Tujuan utama dalam pembangunan berkelanjutan ada 3, yaitu : Dinamika ekonomi (Economically viable),ramah lingkungan (Enviromental friendly) , dan dapat diterima secara sosial dan politik (socially-politically acceptable sensitive).

Pembangunan berkelanjutan diadakan agar tidak terjadi pembangunan (pemekaran) yang tidak perlu. Ada 3 fondasi dalam penbangunan berkelanjutan , yaitu : pertumbuhan ekonomi , keberlanjutan sosial dan lingkugan. Pertumbuhan ekonomi bertujuan untuk menjaga ekonomi yang stabil dan menatakan sistem produksi agar lebih efektif. Keberlanjutan sosial bertujuan menjamin keadilan sosial, dan keberlanjutan lingkungan bertujuan menjaga lingkungan dan lolos dari zero emission.

Keberhasilan dari pembangunan berkelanjutan ini tidak hanya didukung oleh sektor ekonomi, melainkan didukung pula oleh campur tangan pemegang kekuasaan (dalam hal ini pemerintah) sehingga tercapai pemerataan kesejahteraan dan tujuan bersama. Oleh karena itu, pembangunan ini berorientasi pada pengembangan kualitas hidup baik dan lingkungan yang kondusif.

Pembangunan berkelanjutan adalah suatu proses yang terus menerus dan membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu dibutuhkan output cepat yang dapat dijadikan contoh dan menjadi acuan masyarakat tentang tujuan dari pembangunan, serta meningkatkan motivasi dan partisipasi masyarakat.

Pembangunan memiliki banyak arti, salah satu diantaranya adalah perubahan, kemajuan dari yang sebelumnya, dan perbaikan dari suatu wilayah atau daerah kea rah yang lebih baik yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat dan memajukan pemerintah dalam suatu negara.

Pembangunan diartikan sebagai perubahan yaitu mampu mensejahterakan kehidupan masyarakat yang tentunya agar lebih baik dari sebelumnya. Pembangunan dapat berlangsung dari segi kualitatif ataupun kuantitatif

Pembangunan ini bertujuan agar terjadinya pemerataan untuk setiap masyarakat dan tercapainya kemashalatan. Tujuan ini dibentuk negara-negara PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) sebagai agenda yang harus segera dilaksanakan dan menjadi ambisi pembangunan bersama hingga tahun 2030.

Tentunya, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. Beberapa hal tersebut antara lain:

  1. Melemahnya kondisi ekonomi dan perdagangan dunia
  2. Pelambatan perubahan struktur ekonomi
  3. Menurunnya aliran modal, khususnya di negara berkembang
  4. Berkembanganya serangan terorisme yang sangat banyak
  5. Perubahan iklim

 

Dibutuhkan sumber daya manusia yang memadai dan memiliki kemampuan yang memenuhi standar yang ditentukan. Beberapa karakter yang diperlukan adalah:

  1. Memiliki rasa percaya diri
  2. Memiliki visi yang luas
  3. Memiliki ambisi
  4. Memiliki pengetahuan akan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi
  5. Dapat memakmurkan masyarakat

Dalam pembangunan berkelanjutan memang tidaklah mudah, namun dengan kerja sama yang baik dan kesadaran akan pentingnya sebuah pembangunan berkelanjutan, kita dapat memajukan suatu daerah demi kesejahteraan bersama.

 

Natanael Haposan Jeby

Yudhistira Sharif Wicaksono

Sumber :

www.sgu.ac.id/mencapai-tujuan-pembangunan-berkelanjutan-melalui-inovasi-kewirausahaan-dan-teknologi/

https://sim.ciptakarya.pu.go.id/p2kh/knowledge/detail/pembangunan-berkelanjutan

www.tanotofoundation.org