Tips Membagi Waktu Untuk Mahasiswa

Sudahkah kalian mengatur kegiatan kalian sehari hari? Apakah kalian rasa itu sudah cukup efektif? Atau kalian masih merasa kesusahan dalam mengatur dan membagi waktu? Kalau memang kalian merasa seperti itu , disini kami akan membagi beberapa tips dan trik untuk membagi waktu agar efektif dalam melakukan kegiatan sehari hari.

Pertama , kalian tentukan kegiatan yang memang sudah menjadi rutinitas kalian sehari hari. Kemudian kalian tentukan terlebih dahulu kegiatan yang memangĀ  penting atau mendesak. Kenapa karena kegiatan ini harus mendapat perhatian khusus terutama kegiatan yang mepunyai deadline tertentu dan mendesak.

Kedua , setelah kalian menentukan rutinitas dan kegiatan yang mendesak. Sebaiknya kalian membuatĀ  To Do List (jadwal kegiatan). Setelah itu kalian pilih dan tentukan kegiatan yang memang sudah mendesak atau sudah dekat dengan deadline.

Ketiga , jangan pernah menunda pekerjaan yang sudah memang dijadwalkan dari awal. Karena jika sudah menunda nunda pekerjaan maka semua tugas yang akan dating selanjutnya akan terhambat juga proses pengerjaannya. Dan biasakan juga agar selalu konsisten terhadap apa yang sudah kalian putuskan jangan biarkan hal hal kecil menghambat pekerjaan anda.

Keempat, hindari kegiatan dan lingkungan yang dapat mendistraksi pikiran dan kegiatan yang sudah dijadwal. Banyak hal hal yang dapat mendistraksi kita terutama untuk kita anak muda seperti berbagai macam alat elektronik. Atau mungkin juga lingkungan kita seperti teman yang mungkin mengajak kita melakukan hal lain.

Kelima, tentukan saat saat kalian dapat fokus dan maksimal dalam melakukan pekerjaan. Untuk hal ini memang tidak bisa dijadikan patokan, karena setiap orang memiliki gaya belajar dan gaya bekerja yang berbeda. Dan kalau memang bisa kalian bisa melakukan pekerjaan lebih awal agar memiliki waktu yang lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaan. Dan ini bukanlah suatu kerugian untuk kita , melainkan memberikan keuntungan kepada diri kita.

Keenam , kalian juga bisa deadline lebih maju daripada aslinya sehingga kalian memberikan waktu untuk hal hal yang tidak terduga diawal seperti revisi atau hal hal lain yang dapat menjadi kendala dalam kegiatan kita

Ketujuh , jangan lupa untuk beristihrat karena walaupun kalian sudah dapat menata waktu mentata prioritas , dan menata kegiatan utama dan mungkin hasilnya maksimal tapi itu semua tidak akan ada gunanya jika kalian jatuh sakit dan tidak dapat beraktivitas yang sebagaimana mestinya.

Dan itulah beberapa tips untuk kalian agar bisa mengatur waktu dengan baik karena setiap waktu yang kita lalui tidak akan terulang jadi gunakan waktu mu dengan baik. Karena apa yang kau lakukan sekarang adalah penentu masa depan mu.

Penulis:

  1. Ircham Anindiya (2201749690)
  2. Andryan Wijaya (2201756544)
  3. Glenn Louis (2201735205)