Study Tour 2016 ‘DIGITALL! PLANET’

Oleh : Herlina Agusrina, Toni Putera Pratama

Pada hari Jumat tanggal 8 April 2016 acara Study Tour 2016 dilaksanakan, dengan tema ‘DIGITALL! PLANET’.  Study tour kali ini berkunjung ke

PT Microsoft Indonesia yang di mulai jam 08.00 sampai sekitar jam 13.30. Yang mengadakan acaranya yaitu HIMMAT dan HIMSTAT, mereka bekerjasama secara maksimal sehingga acara Study Tour tahun ini berjalan dengan lancar. Peserta Study Tour kali ini terdiri dari binusian 19, binusian 18 dan binusian 17. Dan terdiri dari jurusan Teknik Informatika dan Matematika, Teknik Informatika dan Statistika, Sistem Informasi, Komputerisasi Akuntansi, Teknik Informatika, Teknik Industri, dll. Microsoft meminta agar kapasitas peserta yang ikut maksimal 50 orang, sehingga keterbatasan ini membuat binusian yang lain tidak bisa mengikuti acara Study Tour ini. Panitia juga mengundang Ibu Diana Permai, S.Si., M.Si dan Ibu Margaretha Ohyver, S.Si., M.Si sebagai perwakilan dari Jurusan Matematika dan Statistika.

Persiapan keberangkatan dimulai dengan registrasi dari jam 08:00 sampai jam 08:30, saat registrasi peserta diminta untuk menandatangani form hadir lalu panitia memberikan souvenir kenang-kenangan Study Tour 2016 berupa map, notes, dan pulpen. Setelah jam 08:30 panitia pun memberikan arahan dan membagi peserta ke dalam 6 kelompok dengan 2 orang PIC sebagai pembimbing, setiap kelompok terdiri dari 6 peserta. Setelah pembagian kelompok selesai, panitia pun meminta kelompok 1-3 untuk masuk ke bus pertama dan kelompok 4-6 masuk ke bus kedua. Sesampai nya di tempat tujuan kami disambut dengan sangat baik dan ramah, lalu dipersilahkan untuk masuk ke ruangan karena seminarnya sudah mau di mulai.

Rangkaian acara Study Tour ini terdiri dari seminar yang dibawakan oleh dua pembicara yang memnjelaskan tentang Windows 10, pembicara pertama pada seminar ini dibawakan oleh Bapak  Yohanes Sidi. Beliau merupakan binusian 2015 yang menjelaskan tentang Windows 10 mulai dari produk, fitur-fiturnya hingga kelebihan dari Windows 10 dan diakhiri dengan dua pertanyaan sebagai games untuk memenangkan hadiah dari Bapak Yohanes Sidi. Lalu pembicara kedua yaitu Bapak Irving Hutagalung juga menjelaskan Windows 10 selaku salah satu Developer Microsoft. Beberapa saat setelah seminar selesai, dilanjutkan dengan makan siang, games, lalu tour kantor Microsoft dan diakhiri dengan foto bersama sebelum pulang.