Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Big Data dalam Transformasi dan Inovasi Digital di Indonesia

Di era yang semakin maju, perkembangan teknologi menuntut semua orang untuk cepat beradaptasi, termasuk dalam cara mengelola data. Pada masa lalu, setiap pengelolaan data masih dilakukan dengan cara manual tetapi pada abad ke-21, kemajuan teknologi mendorong transformasi pengelolaan menuju ke sistem digital yang dapat menghasilkan banyak data dalam satu waktu. Dengan sistem digital yang dapat menghasilkan data yang banyak, manusia perlu beradaptasi untuk mengelolanya dengan cepat dan itulah yang disebut dengan Big Data.

Sesuai dengan namanya, Big Data berarti sekumpulan data yang jumlahnya sangat banyak dan beragam. Big Data terdiri dari tiga macam tipe yaitu structured yang merupakan tipe data yang sudah tersusun rapi dan mudah dianalisa, semi- structured yang merupakan tipe gabungan antara structured dan unstructured, dan unstructured yang bersifat bebas dan tidak memiliki format yang terstruktur. Terdapat karakteristik utama dalam Big Data yang disebut dengan istilah 3V(Variety, Volume, Velocity). Volume memiliki arti kapasitas dan merupakan karakteristik yang paling penting karena aspek yang harus diperhatikan dalam pengolahan dan analisa yang berkaitan dengan Big Data dan harus memiliki kapasitas besar. Velocity mengacu pada kecepatan menghasilkan dan analisa Big Data yang umumnya dilakukan secara real time. Variety berarti variasi dalam Bbig Ddata yang memiliki jumlah yang sangat banyak dan beragam. Seiring perkembangan zaman, variasi dalam Big Data juga semakin banyak terutama dalam bentuk semi- structured dan unstructured seperti teks, audio dan video.

Big Data memiliki fungsi untuk memprediksi dan menganalisis jika terjadi masalah pada suatu sistem. Hal ini sangat penting bagi perusahaan karena mereka bisa memitigasi risiko dan mengantisipasi jika terdapat sistem yang bermasalah. Selain itu, kehadiran Big Data juga dapat mengolah banyak data dalam satu dan dapat menyimpannya dalam jumlah besar sehingga proses yang diperlukan bisa lebih cepat dan efisien dalam hal waktu dan biaya. Mengetahui fungsi dan manfaat Bbig Ddata membuatnya sangat penting dalam kebutuhan perusahaan saat ini di tengah perkembangan teknologi yang semakin cepat

 Implementasi sistem Big Data dalam transformasi dan inovasi digital di Indonesia juga sudah banyak dirasakan sendiri oleh manusia yang menggunakannya contohnya pada startup dan e-commerce. Sebelum memasuki era transformasi Big Data dan inovasi digital, hampir semua orang di Indonesia umumnya akan berbelanja secara langsung di pasar tradisional dan melakukan pembayaran secara manual yang pada saat itu masih sangat wajar jika masih menggunakan sistem tawar menawar. Ketika memasuki era pasar swalayan dan awal transformasi teknologi, manusia masih datang ke pasar seperti sebelumnya tetapi bedanya, fasilitasnya sudah lebih bersih dan modern. Sistem harga juga sudah teratur dan jelas sehingga sudah tidak ada lagi tawar menawar seperti sebelumnya karena setiap pembelian sudah tercatat di sistem dan disinilah menjadi cikal bakal penerapan Big Data dalam kehidupan sehari-hari di indonesia. Ketika memasuki era startup dan e-commerce, penerapan Big Data sudah menjadi lebih cepat dan menjadi aspek yang sangat penting. Manusia mungkin masih berbelanja ke pasar dan toko manual seperti biasa akan tetapi, sudah mulai banyak yang memilih dengan satu sentuhan dari smartphone. Peran Big Data dalam hal ini sangatlah penting karena setiap pembelian yang dilakukan secara online harus diolah dan disimpan dengan hati hati untuk menjaga reputasi dan pengalaman pengguna tetap nyaman.

Big Data memang memberikan manfaat yang sangat banyak dalam proses transformasi digital di Indonesia. Di balik semua keunggulannya, Big Data juga memiliki tantangan dalam penerapannya. Agar dapat berjalan dengan baik, Bbig Ddata memerlukan infrastruktur dan teknologi yang canggih akan tetapi, akses di Indonesia masih belum merata dan hanya terpusat di kota-kota besar sehingga, penerapan di daerah akan memerlukan biaya yang cenderung mahal. Penerapan Big Data juga memerlukan Sumber Daya Manusia yang ahli dan terampil. Tanpa itu semua, biaya yang dikeluarkan untuk pengembangan infrastruktur dan teknologi akan menjadi sia-sia dan implementasinya juga tidak optimal. Karena biaya operasional yang mahal, perusahaan juga harus mengurangi sebagian SDM-nya. Hal ini dapat mengakibatkan badai layoff dan PHK di sejumlah startup hingga perusahaan yang mengakibatkan bertambahnya angka pengangguran di Indonesia. Big Data juga mengubah gaya hidup dan cara berbelanja masyarakat di Indonesia dengan sangat cepat dari yang awalnya di toko dan supermarket secara langsung kini banyak yang melakukannya secara online. Perubahan pola tersebut mengakibatkan perusahaan retail yang tidak melakukan pembaruan dan transformasi ke sistem digital berbasis Big Data akan ditinggalkan oleh pelanggannya serta hanya akan tinggal nama.

Sebagai penutup, Big Data memainkan peran penting dalam transformasi digital di Indonesia. Jika dilihat dari kemampuannya, Big Data mampu memproses data dengan begitu cepat dan menyimpan semuanya dengan kapasitas yang sangat besar. Agar transformasi dan inovasi digital dapat terwujud, pemerataan fasilitas dan infrastruktur sangat diperlukan karena masih banyak daerah di Indonesia yang masih tertinggal. Perusahaan dan retail juga perlu menggunakan sistem Big Data agar proses operasional dapat dioptimalkan serta memberikan pengalaman yang memuaskan bagi pengguna sehingga dapat mendukung transformasi bisnis yang berkelanjutan bagi perusahaan.

Referensi:

Setiawan, Roni. (2021) “Apa itu Big Data? Mengapa Itu Penting?”, 1 September, Dicoding Indonesia https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-big-data/#:~:text=Big%20data%20adalah%20sekumpulan%20data,dapat%20berkembang%20seiring%20waktu%20berjalan.

Edi Santoso, R., Prawiyogi, A. G., Rahardja, U., Oganda, F. P., & Khofifah, N. (2022). Penggunaan dan Manfaat Big Data dalam Konten Digital. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(2), 88–91. https://doi.org/10.34306/abdi.v3i2.836 

Amelia, Lusita. (2023) “7 Contoh Perusahaan yang Menggunakan Big Data”, 23 Juni, Linknet Enterprise https://www.linknet.id/article/contoh-perusahaan-yang-menggunakan-big-data#:~:text=7.%20Gojek,terdekat%20untuk%20menyesuaikan%20pesanan%20pelanggan.

Fadli, M., Prasetio, M., Sanjaya, I., Surono, M., Dewantoro, M., & Suryono, R. R. (2025). Peran Big Data dalam Inovasi Bisnis Digital: Pendekatan Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Ilmiah Informatika Dan Ilmu Komputer (JIMA-ILKOM), 4(1), 45-53. https://doi.org/10.58602/jima-ilkom.v4i1.48

Guntara, Mohammad. (2024) “Tantangan Implementasi Big Data di Indonesia.”,  9 September, Yogyakarta, Kedaulatan Rakyat https://www.utdi.ac.id/terbitan/136/tantangan-implementasi-big-data-di-indonesia

Kimi Rafarel Alfarobi (2802436950)