Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Penerapan Augmented Reality dalam Dunia Entertainment

Dalam dekade terakhir ini, Augmented Reality atau AR merupakan salah satu teknologi yang menjanjikan. AR membuat manusia dapat berinteraksi secara real time dengan model 2D atau 3D yang diproyeksikan secara langsung pada benda-benda fisik sehingga terlihat menyatu dengan lingkungan asli. Berbeda dengan Virtual Reality (VR), AR tidak mengganti lingkungan asli dengan proyeksi lingkungan virtual, tetapi menampilkan objek virtual pada lingkungan asli. Hal yang membuat teknologi ini menjanjikan yaitu dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan mempermudah akses informasi. Dengan handphone, proyektor, dan headset atau kacamata AR, Augmented Reality dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi penggunanya.

Augmented Reality sudah banyak digunakan di banyak bidang, salah satunya dalam dunia entertainment. Dalam acara live seperti konser musik, mereka menerapkan AR untuk meningkatkan pengalaman penonton. Misalnya konser Gorillaz tahun 2022, teknologi ini digunakan untuk menampilkan personilnya dalam bentuk hologram raksasa. AR juga bisa menampilkan lirik lagu dalam bentuk virtual, dan menambah efek visual yang menarik pada panggung musik seperti dalam festival musik Coachella. Selain itu, penonton juga dapat menikmati pengalaman interaktif dengan mengambil foto virtual bersama artis favoritnya. 

Selain dalam konser musik, teknologi AR digunakan untuk game. Salah satu game yang mempopulerkan penggunaan Augmented Reality yaitu Pokemon GO pada tahun 2016. Pengguna dapat menangkap berbagai macam pokemon yang divisualisasikan 3D dengan AR melalui handphone. Game tersebut digemari karena dapat meningkatkan kegiatan fisik penggunanya, seperti bergerak untuk menemukan Pokemon. Tetapi muncul keluhan bahwa pemain dapat mengalami berbagai insiden karena terlalu asyik bermain. Game lainnya yang menggunakan AR yaitu Jurassic World Alive, Cosmic Fortnite AR, dan The Walking Dead: Our World. Penggunaan AR juga meliputi game yang terkait dengan alur cerita film. Jumanji AR memungkinkan penggemar untuk memindai merchandise khusus agar membuka konten dalam game, sehingga meningkatkan antusias penggemar menuju sekuel film tersebut. 

Di masa sekarang, penggunaan Augmented Reality juga tidak dapat dipisahkan dari perkembangan media sosial. Filter aplikasi Snapchat identik dengan sisi menyenangkan dan kreatif yang dihasilkan dari AR. Bermacam-macam filter Snapchat yang terus berkembang membuat pengguna senang dan merasa lebih terhibur. Tren populer pun bermunculan, seperti filter pertukaran wajah dan tukar gender yang menjadi viral. Selain aplikasi Snapchat dan TikTok, aplikasi Instagram juga melakukan hal yang sama dengan menyediakan banyak filter yang dibuat menggunakan AR, seperti masker wajah, latar belakang animasi, dan filter game.

Augmentation Reality membawa angin segar dalam perkembangan dunia entertainment di masa sekarang ini. AR digunakan dengan memanfaatkan beberapa komponen seperti kamera, sensor, perangkat output, dan Artificial Intelligence (AI). Potensi AR untuk mengubah cara kita bekerja, belajar, bermain, dan berinteraksi dengan dunia menjadi salah satu alasan teknologi ini menjanjikan bagi banyak orang. Seiring dengan perkembangan teknologi dan kreativitas dalam mengembangkannya, kita dapat berharap untuk melihat lebih banyak penggunaan AR yang inovatif di masa depan.  

 

Referensi

  • Gagan Harpiawan. Inilah Alasan Mengapa Augmented Reality (AR) Merupakan Teknologi Paling Menjanjikan. (27 September 2023). Metanesia by Telkom Indonesia.

https://metanesia.id/blog/ar-merupakan-teknologi-paling-menjanjikan

  • Roziq Bahtiar. Apa itu Augmented Reality? Cara Kerja dan Manfaat Besar AR. (23 Februari 2024). Techarea.

https://techarea.co.id/mengenal-augmented-reality-ar/#penerapan-augmented-reality

  • Program Ace Team. The Rise of Augmented Reality in Entertainment. (9 April 2024). Program Ace

https://program-ace.com/blog/the-rise-of-augmented-reality-in-entertainment/

  • Proven Reality Team. 20 Examples of Augmented Reality In Entertainment. (1 November 2023). Proven Reality

https://provenreality.com/augmented-reality-in-entertainment-examples/ 

 

Ahmad Fauzan Ihwanto - 2702382985