Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Perbedaan Sistem Informasi dengan Teknik Informatika

Halo semua, mungkin banyak dari kita belum mengetahui jurusan Sistem Informasi itu seperti apa dan apa perbedaannya dengan Teknik Informatika / Ilmu Komputer. Kali ini, kita akan bahas apa sih perbedaan jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika.

Biasanya, jurusan sistem informasi dan teknik informatika berada dalam satu rumpun, yaitu jurusan Ilmu Komputer. Lulusan kedua jurusan ini sama-sama akan menyandang gelar: Sarjana Komputer (S.Kom). Karena masih serumpun, bisa dibilang hampir 50% mata kuliah nya sama. Keduanya menjadikan Pemrograman sebagai kompetensi dasar yang wajib dikuasai oleh mahasiswa. Yang membedakan adalah fokusnya. Jurusan teknik informatika hanya fokus ke aspek teknis dari teknologi informasi, sedangkan jurusan sistem informasi juga mempelajari aspek manajerial dari teknologi informasi.

Oleh karena teknologi informasi saat ini sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari bisnis proses sebuah perusahaan, perusahaan mencari orang yang tidak hanya paham dari segi aspek teknis saja, tapi juga mampu memahami aspek bisnis dalam perusahaan. Sehingga, orang tersebut mampu menerjemahkan bisnis menjadi kebutuhan teknis teknologi informasi. Di sinilah peran penting sistem informasi.

Secara garis besar, lulusan Sarjana Sistem Informasi itu memiliki peluang kerja antara lain menjadi: Programmer, Junior Manager Assistant, System Analyst Assistant, Application Development, Monitoring System, Search Engine Optimizer, Network Administrator dan pekerjaan –pekerjaan lainnya yang masih berkaitan dengan teknologi informasi. Perusahaan yang membutuhkan teknologi informasi tersebut biasanya adalah perusahaan yang bergerak di berbagai bidang perbankan, keuangan, asuransi, otomotif, industri software, dan lainnya.

Sekian artikel kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita bersama! 🙂