Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Jenis-jenis penelitian

Hai teman-teman! 🙂 Kalian pasti tahu kan apa itu penelitian? Tapi penelitian itu ada apa aja sih? Nah, kali ini kita akan membahas tentang jenis penelitian yuk kita simak bersama!

Penelitian menurut tujuan:

  1. Penelitian murni : penelitian yang dilakukan atau diarahkan sekedar untuk memahami masalah organisasi secara mendalam dan hasil penelitian tersebut untuk pengembangan ilmu administrsi atau manajemen.
  2. Penelitian terapan : mereupakan penelitian yang diarahkan untuk mendapakan informasi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah.

Penelitian menurut metode:

  1. Penelitian survey adalah penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil, tetap[I data yang dipelajari adalah data dari sample yang diambil dari populasi tersebut, sehingga ditemukan kejadian-kejadian relatif, distribusi, dan hubungan-hubungan antar variable.
  2. Penelitian Ex post facto adalah suatu penelitian yang dilakukan untuk meneliyi peristiwa yang telah terjadi dan kemudian merunut kebelakang untuk mengetahui factor-faktor yang dapat menyebabkan timbulnya kejadian tersebut.
  3. Penelitian eksperimen adalah suatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variable tertentu terhadap variable yang lain dalam kondisi yang terkontrol secara ketat. Tredapat empat bentuk metode eksperimen yaitu pre experimental, true experimental, factorial, dan quai experimental.
  4. Penelitian naturalistic sering juga disebut metode kualitatif yaitu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek alamiah.
  5. Policy research (penelitian kebijaksanaan) adalah suatu proses penelitian yang dilakukaan pada, atau analisis terhadap masalah-masalah social yang mendasar, sehingga temuannya dapat direkomendasikan kepada pembuat keputusan untuk bertindak dalam menyelesaikan masalah.
  6. Action research adalah penelitian yang bertujuan untu mengembangkan metode kerja yang paling efisien, sehingga biaya produksi dapat ditekan dan produktivitas lembaga dapat meningkat.
  7. Penelitian evaluasi adalah penelitian yang berfungsi untuk menjelaska fenomena suatu kejadian, kegiatan dan product.
  8. Penelitian sejarah adalah penelitian yang berkenaan dengan analisis yang logis terhadap kejadian-kejadian yang berlangsung di masa lalu.

 

Penelitian menurut tingkat explanasinya

  • Penelitian deskriptif : Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variable mandiri, baik satu variable atau lebih (independent) tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan antara varibel yang satu dengan yang lain.
  • Penelitian komparatif : Penelitian yang bersifat membandingkan.
  • Penelitian asosiatif : Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variable atau lebih.

Penelitian menurut jenis data dan analisis

  1. Penelitian kualitatif : Penelitian yang menggunakan data kualitatif (data yang berbentuk data, kalimat, skema, dan gambar)
  2. Penelitian kuantitatif : Penelitian yang menggunakan data kuantitatif (data yang berbentuk angka atau data yang diangkakan