Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Perbedaan Ipv4 dan Ipv6 serta Kelebihan Ipv6

Haloo Guys, pada kali ini kita akan membahas tentang perbedaan ipv4 dan ipv6 serta kelebihan dari ipv6. Yuk kita simak bersama :).

Ada beberapa hal yang biasanya dibandingkan dengan dua internet protokol yang sudah dan akan digunakan ini. Yang pertama adalah panjang alamatnya. Panjang alamat pada Internet protokol versi 4 (IPv4) ini lebih sedikit dibanding versi terbarunya yakni berjumlah 32 bit sementara internet protokol versi 6 ini (IPv6) berjumlah 128 bit. Kemudian, untuk pengguna peranglat mobile internet protocol versi 4 (IPv4) ini kurang mendukung, dan ini yang menyebabkan sering terjadinya roaming. Sementara versi 6 ini mendukung sistem yang ada poada perangkat mobile, sampai IPv6 juga mendapat julukan sebagai mobile IP.

 

Kelebihan Ipv6 dan sebagai solusi yang terdapat dalam IPv6 adalah salah satu pemicu percepatan implementasi, berikut ini Kelebihan-kelebihan menggunakan IPv6 ;

  1. IPv6 merupakan solusi bagi keterbatasan alamat IPv4 (32 bit), IPv6 dengan 128 bit memungkinkan pengalamatan yang lebih banyak, yang memungkinkan IP-nisasi berbagai perangkat (PDA, handphone, peragkat rumah tangga, perlengkapan otomotif).
  2. Aspek keamanan dan kualitas layanan (QoS) yang telah terintegrasi.
  3. Desain autokonfigurasi IPv6 dan strukturnya yang berhirarki memungkinkan dukungan terhadap komunikasi bergerak tanpa memutuskan komunikasi end-to-end.
  4. IPv6 memungkinkan komunikasi peer-to-peer tanpa melalui NAT, sehingga memudahkan proses kolaborasi / komunikasi end-to-end: manusia ke manusia, mesin ke mesin, manusia ke mesin dan sebaliknya.

Sekian pembahasan tentang perbedaan ipv4 dan ipv6 serta kelebihan ipv6. Semoga bermanfaat 🙂