Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Pengertian, Karakteristik dan Perkiraan Waktu Waktu PERT dalam Managemen Proyek

Halooo pembaca setia, kali ini kita akan membahas tentang pengertian dan karakteristik PERT dalam Managemen Proyek, so, kita simak bersama yuk 🙂

Pengertian PERT

PERT adalah suatu alat manajemen proyek yang digunakan untuk melakukan penjadwalan, mengatur dan mengkoordinasi bagian-bagian pekerjaan yang ada di

dalam suatu proyek (Setianingrum, 2011).

PERT juga merupakan suatu metode yang bertujuan untuk (semaksimal mungkin) mengurangi adanya penundaan kegiatan (proyek, produksi, dan teknik) maupun rintangan dan perbedaan-perbedaan, mengkoordinasikan dan menyelaraskan berbagai bagian sebagai suatu keseluruhan pekerjaan dan mempercepat selesainya proyek-proyek (Nurhayati, 2010).

Karakteristik PERT

Proyek yang kompleks menggunakan metode PERT (Program Evaluation Review

Technical), maka akan diketahui :

  1. Kapan proyek selesai
  2. Bagaimana urut-urutan pekerjaan, kapan mulainya dan kapan selesainya
  3. Pekerjaan mana yang paling lama
  4. Pekerjaan mana yang tertunda
  5. Pekerjaan mana yang dapat perhatian khusus

Perkiraan Waktu

Untuk setiap aktivitas, model biasanya mencakup tiga perkiraan waktu (Soeharto,

2002):

  1. Waktu Optimis, yaitu perkiraan waktu yang paling singkat bagi penyelesaian

aktivitas

  1. Waktu Perkiraan Paling Mungkin, waktu penyelesaian yang memiliki probabilitas

tertinggi (berbeda dengan : waktu yang diharapkan), dan

  1. Waktu Pesimis, yaitu waktu terpanjang yang mungkin diperlukan suatu kegiatan.

PERT “menimbang” ketiga perkiraan waktu ini untuk mendapatkan waktu kegiatan

yang diharapkan (expected time) dengan rumusan :

(Waktu Optimis + (4 x Waktu Perkiraan Paling Mungkin) + Waktu Pesimis )

Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat 🙂