Artikel News Latihan Dasar Kepemimpinan Calon Pengurus (LDK-CP) HIMPSIKO 2024

 

Selamat pagi!

Semangat pagi!

 

Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMPSIKO) merupakan sebuah organisasi kemahasiswaan yang berada di bawah naungan BINUS University. Dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang baik dan berkualitas pada kepengurusan selanjutnya, HIMPSIKO kembali menyelenggarakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Calon Pengurus (LDK-CP). Kegiatan ini merupakan program kerja rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya dengan tujuan untuk mempersiapkan dan membekali para calon pengurus dalam memajukan HIMPSIKO nantinya.  

 

Pada tahun ini, kegiatan LDK-CP telah dilaksanakan selama dua hari, tepatnya pada hari Senin tanggal 15 Juli dan hari Selasa tanggal 16 Juli 2024.  Pelaksanaan kegiatan LDK-CP ini kembali membawakan tema “PROUD” yang sebelumnya telah diangkat pada kegiatan LDK-A. Tema “PROUD” merupakan sebuah akronim atas lima value utama yang diangkat pada kepengurusan tahun ini, yaitu Professional, Respect, Openness, Unity, Dedication. Makna yang terkandung dalam tema ini mengarahkan agar para calon pengurus dapat menjadikan perasaan bangga sebagai sebuah landasan penting bagi HIMPSIKO dalam menjalankan roda organisasi dan mencapai tujuannya. Melalui perasaan bangga tersebut, para calon pengurus diharapkan dapat termotivasi untuk memberikan usaha terbaik dalam mewujudkan visi dan misi baik di HIMPSIKO maupun di Jurusan Psikologi BINUS University.

 

Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Calon Pengurus HIMPSIKO 2024 pada hari pertama dilaksanakan pada hari Senin, 15 Juli 2024 di BINUS @Bekasi, tepatnya di ruangan 512. Kegiatan ini diawali dengan pemberian kata sambutan oleh Ketua Pelaksana, yaitu Sekar Dyah Putri Hapsari. Kemudian, kegiatan diikuti dengan pemberian kata sambutan oleh Ketua Umum HIMPSIKO 2024, yaitu Bonanza Octyokora Fayaseaco Putri Mandalika. Tak hanya itu, pemberian kata sambutan juga diberikan oleh Kak Pratiwi Hozeng, M. Si., Psikolog selaku Perwakilan Jurusan Psikologi. Usai pemberian kata sambutan, MC memandu kegiatan Ice Breaking berupa Jargon & Tepuk HIMPSIKO untuk membangun semangat para aktivis di pagi hari. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pembawaan materi mengenai “Finance and Compliance” yang disampaikan oleh Tengku Miftah Tri Aghfa selaku Bendahara Umum HIMPSIKO 2024. Materi dibawakan sebagai upaya untuk memberikan bekal kepada seluruh calon pengurus dalam memahami sistem kebendaharaan dan keuangan yang berlangsung di organisasi kemahasiswaan. Selanjutnya, peserta mengikuti rangkaian permainan yang bernama “One Voice” sebagai bentuk penerapan dari value unity. Permainan dilakukan secara berkelompok di mana peserta akan diminta untuk menebak kata yang disebutkan secara bersamaan. 

Gambar 1. Penyampaian materi mengenai “Finance and Compliance” oleh Tengku Miftah Tri Aghfa selaku Bendahara Umum HIMPSIKO 2024

 

Setelah mengikuti kegiatan games, peserta menyimak materi berjudul “Operational and Administration” yang dibawakan oleh Kak Baby Maria, S.I.Kom., M.I.Kom. Pembawaan materi mengangkat pembahasan seputar sistem operasional dan administratif yang berlangsung di organisasi kemahasiswaan BINUS University. Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan materi terkait “Strategic Management” yang diterapkan melalui evaluasi departemen. Pada kegiatan ini, seluruh aktivis dan pengurus berkumpul bersama departemennya masing-masing untuk membahas dan mengevaluasi kinerja yang telah diberikan selama kepengurusan pada periode ini berlangsung. Melalui kegiatan ini, seluruh anggota HIMPSIKO 2024 diharapkan dapat memperbaiki dan meningkatkan kinerja dan semangatnya dalam menjalankan program kerja hingga periode kepengurusan berakhir. Setelah itu, peserta dari setiap departemen melakukan Focus Group Discussion untuk membahas materi mengenai “Branding”. Kegiatan LDK-CP pada hari pertama ditutup dengan pemaparan hasil diskusi terkait studi kasus yang telah diberikan dan dokumentasi bersama seluruh peserta dan panitia.

Gambar 2. Pemaparan hasil Focus Group Discussion mengenai materi “Branding” dari setiap departemen

Gambar 3. Dokumentasi seluruh anggota HIMPSIKO 2024 pada pelaksanaan kegiatan LDK-CP di hari pertama

 

Hari kedua dari rangkaian kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Calon Pengurus HIMPSIKO 2024 dilaksanakan pada hari Selasa, 16 Juli 2024 di ruangan M2C BINUS @Kemanggisan Kampus Syahdan. Kegiatan pertama pada hari kedua diawali dengan pembawaan materi mengenai “Respect” yang disampaikan oleh Kak Muhammad Rheza Ramadhan selaku Ketua Region Kemanggisan HIMPSIKO 2023. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan oleh Ko Frengky Johanes selaku Ketua HIMPSIKO 2011 dan 2012 dengan menyampaikan materi terkait “Regeneration” kepada seluruh peserta yang hadir pada kegiatan. Materi ini dibawakan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran terkait pentingnya regenerasi dalam keberlangsungan suatu organisasi. Pembawaan materi ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi para aktivis untuk melanjutkan tugasnya sebagai pengurus HIMPSIKO pada periode selanjutnya. Tidak hanya mendapatkan materi, peserta pada kegiatan LDK-CP di hari kedua juga mengikuti serangkaian permainan yang tidak kalah seru. Pertama, peserta melaksanakan games berupa “Piramida Gelas” yang merupakan penerapan dari salah satu value yang diangkat pada kepengurusan tahun ini, yaitu Dedication. Kedua, peserta mengikuti kegiatan ice breaking yang berisi tebak-tebakan chat milik anggota HIMPSIKO 2024. Permainan dilakukan sebagai upaya untuk saling mengenal dan mengakrabkan antara seluruh anggota HIMPSIKO 2024 lebih baik lagi. Kegiatan terakhir pada hari kedua dari pelaksanaan LDK-CP merupakan penyampaian materi mengenai “Unity” yang dibawakan oleh Kak Nabila Fasya Avindita selaku Ketua Umum HIMPSIKO 2023. Pada akhirnya, kegiatan ditutup dengan dokumentasi bersama seluruh peserta dan panitia dari kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Calon Pengurus HIMPSIKO 2024.

Gambar 4. Penyampaian materi mengenai “Regenerasi” oleh Ko Frengky Johanes selaku Ketua HIMPSIKO 2011 dan 2012

Gambar 5. Dokumentasi seluruh anggota HIMPSIKO 2024 pada pelaksanaan kegiatan LDK-CP di hari kedua