PSYON 2023 “Expanding Comfort Zone”

Psychology Championship (PSYON) merupakan ajang perlombaan tingkat Nasional di bidang akademik yang diadakan setiap tahun oleh HIMPSIKO BINUS University. PSYON mengadakan beberapa mata lomba yang berbeda dengan mengangkat tema berdasarkan isu sosial yang terjadi di lingkungan sekitar. Pada akhir acara, rangkaian kegiatan PSYON akan ditutup dengan acara yang bernama Psychology Talkshow (PSYTALK). PSYTALK merupakan sebuah acara talk show dengan menghadirkan pembicara inspiratif seperti akademisi, influencer, atau praktisi yang dapat berbagi informasi sekaligus berbagi pengalaman yang dimilikinya sesuai dengan tema atau topik terkait. Dalam PSYTALK, nantinya juga akan diumumkan pemenang dari setiap lomba PSYON. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian mahasiswa terhadap isu sosial dengan mendalaminya, sehingga dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh terhadap diri sendiri maupun lingkungan sekitar. 

Tahun 2023 ini Psychology Championship (PSYON) mengangkat tema besar “Expanding Comfort Zone” dengan sub-tema adaptability yang berjudul “Expanding The Comfort Zone: Accelerate Personal Growth Through Adaptability.” Akhirnya, setelah masa pandemi yang begitu panjang, PSYON 2023 mengadakan kembali lomba cerdas cermat yang diadakan secara onsite dan lomba essay yang diadakan secara online. Partisipan yang mengikuti lomba cerdas cermat adalah sebanyak 8 kelompok dari 5 universitas yang berbeda, yaitu Universitas Bina Nusantara, Universitas Indonesia, Universitas Kristen Krida Wacana, Universitas Negeri Jakarta, dan Universitas Tarumanagara. Selain itu, partisipan yang mengikuti lomba essay adalah sebanyak 13 orang dari 7 universitas yang berbeda, yaitu Universitas Airlangga, Universitas Bina Nusantara, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Universitas Katolik Soegijapranata, dan Universitas Pelita Harapan. 

Berikut adalah daftar pemenang dari seluruh rangkaian perlombaan PSYON 2023:

Lomba Cerdas Cermat:

  • Juara Pertama: Universitas Tarumanagara – Tim A
  • Juara Kedua: Universitas Negeri Jakarta – Tim B
  • Juara Ketiga: Universitas Tarumanagara – Tim B

Lomba Essay:

  • Juara Pertama: Leonardo – Universitas Indonesia
  • Juara Kedua: Carin Christy – Universitas Pelita Harapan
  • Juara Ketiga: Amiroh Untsal Asad – Universitas Airlangga

 

Selamat ya kepada para pemenang!

Semoga melalui perlombaan ini dapat memberi semangat untuk dan motivasi untuk mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki terhadap diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

See you on PSYON 2024!