Self-Reward: Menghargai Diri Sendiri atau Pemborosan?

Self-Reward: Menghargai Diri Sendiri atau Pemborosan?

Hai, teman-teman! Apa kabarnya hari ini? Semoga dalam keadaan sehat selalu ya! Pada topik kali ini, kita akan membahas tentang Self-Reward nih. Topik ini akan menjadi topik menarik karena kasus yang ada dalam topik ini sangat sering terjadi lho di Indonesia. Sebelum aku membahas lebih jauh tentang topik kali ini, aku ingin tanya nih sama teman-teman. Kira-kira, teman-teman pernah gak sih membeli barang-barang mewah atas keberhasilan yang sudah teman-teman raih? Nah, topik kali ini aku akan membahas lebih lanjut mengenai self-reward.

Apa itu Self-Reward?

Self-Reward adalah sebuah bentuk untuk mengapresiasi diri sendiri atas pencapaian yang berhasil diraih. Self-reward memiliki beberapa macam bentuk. Tentunya, setiap orang menerapkan bentuk self-reward ini dengan cara yang berbeda-beda. 

Lalu, apa hubungan antara self-reward dengan pemborosan?

Teman-teman, seperti yang aku katakan sebelumnya bahwa self-reward memiliki bentuk yang beragam dan setiap individu memiliki cara yang berbeda-beda untuk menerapkan self-reward tersebut. Salah satu bentuk dari self-reward  yang umum dipakai oleh kebanyakan orang, yaitu membeli barang-barang mewah yang tidak sesuai dengan kebutuhannya melainkan hanya ‘keinginan’ semata. Seiring berjalannya waktu self-reward sering disebut juga dengan pemborosan karena sudah banyak orang yang melakukan bentuk-bentuk self-reward tidak seperti yang seharusnya. Padahal, pada kenyataannya self-reward merupakan salah satu bentuk upaya untuk menghargai diri sendiri atas keberhasilan yang sudah kita capai agar kita lebih semangat dalam melakukan segala hal yang akan datang.

Lantas, bagaimana sih cara menerapkan bentuk self-reward yang sehat dan tepat?

  • Membuat plan untuk jalan-jalan

Self-reward bisa berupa membuat plan untuk jalan-jalan seperti road trip lho, teman-teman. Kamu bisa melakukan perjalanan ke destinasi yang ingin kamu kunjungi sejak lama. Untuk teman-teman yang suka dan punya hobi hiking, mungkin teman-teman bisa pergi ke pegunungan nih. Wah, seru ya!

  • Melakukan Relaksasi

Cara yang satu ini, diperuntukkan untuk teman-teman yang suka dan hobi ke salon. Bentuk self-reward bisa dengan cara relaksasi lho, teman-teman. Misalnya, teman-teman melakukan serangkaian treatment berupa creambath, spa, dan treatment lainnya. 

  • Menghabiskan dan menikmati waktu sendirian

Nah, teman-teman pasti sudah tidak asing lagi kan dengar kata ‘Me Time’. Ternyata, me time termasuk ke dalam bentuk self-reward juga lho, teman-teman. Ada banyak cara untuk melakukan me time ini, seperti menonton film di kamar atau ruangan dalam keadaan yang hening, istirahat yang cukup, bahkan olahraga.

  • Melakukan quality time bersama keluarga atau teman-teman

Tidak jauh berbeda dengan bentuk sebelumnya, kali ini menghabiskan waktu bersama orang-orang yang kita sayang nih, teman-teman. Bentuk self-reward yang satu ini biasanya dilakukan seperti berkumpul bersama keluarga untuk dinner bersama atau jika teman-teman ingin quality time bersama teman kalian, kamu bisa lho mengajak teman mu untuk hangout. Namun, disituasi pandemi seperti ini alangkah baiknya teman-teman hangout secara online saja ya! Teman-teman dapat menggunakan Zoom Meeting, Google Meet, dan platform lainnya untuk memberikan reward kepada diri sendiri.

Nah, sekarang sudah paham kan teman-teman mengenai cara melakukan self-reward yang sehat seperti apa. Aku sangat berharap teman-teman tidak memanfaatkan situasi dengan kegiatan yang dapat merugikan diri sendiri ya! Sudah banyak cara lho yang bisa kita lakukan untuk menghargai diri sendiri. Semangat terus ya teman-teman, sampai ketemu di Psikopedia selanjutnya!

Referensi:

Merriam-Webster. (n.d.). Self-rewarding. In Merriam-Webster.com dictionary. Retrieved November 5, 2021, from https://www.merriam-webster.com/dictionary/self-rewarding 

Talitha Tasya. (2021). Arti Self-Reward dan Pentingnya Self-Reward. Retrieved November, 5, 2021, from https://www.gramedia.com/best-seller/self-reward/ 

Marsh Valerie. (2019). Five Healthy Ways to Reward Yourself. Retrieved November, 5, 2021, from https://positivepowerpsychology.com/five-healthy-ways-to-reward-yourself/ 

Penulis: Salwa Rizki Ardani

Salwa Rizki Ardani