Reog

 

Reog merupakan salah satu kesenian dari banyaknya kesenian di Indonesia. Reog merupakan seni tari yang berasal dari daerah Ponorogo, Jawa Timur. Reog tergolong dalam tari tradisional yang tumbuh dikalangan masyarakat.

Dahulu, reog berfungsi sebagai sarana upacara. Namun, seiring berkembangnya zaman, eksistensi reog tidak hanya menjadi sarana upacara, akan tetapi bergeser menjadi sarana hiburan bagi masyarakat. Ini terbukti dari gambar di bawah ini.

Sumber: Dokumen Pribadi

Gambar di atas adalah gambar yang diambil di daerah Perumahan Slamaran, Pekalongan, Jawa Tengah. Ini menjadi bukti bahwa reog ditampilkan di sudut negeri manapun meskipun berasal dari Ponorogo, Jawa Timur.

Dengan menyelenggarakan pertunjukan seni sebagai sarana hiburan seperti pertunjukan reog di atas, masyarakat sekitar akan mengenal jati diri mereka sebagai rakyat Indonesia yang kaya akan budaya. Selain itu, pertunjukkan di atas juga merupakan wujud pelestarian budaya oleh masyarakat. Jika bukan kita yang melestarikan apa yang kita miliki, lantas siapa lagi?

Mulya Damayanti