LDK Calon Pengurus HIMPGSD BINUS 2021

HIMPGSD (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar) adalah salah satu organisasi kemahasiswaan yang ada di Universitas Bina Nusantara. HIMPGSD menjadi wadah bagi mahasiswa jurusan PGSD BINUS untuk menyalurkan ide-ide atau kreativitas mereka. HIMPGSD sendiri memiliki banyak acara yang sangat menarik di dalamnya, salah satunya LDK Calon Pengurus atau yang biasa disebut LDK CP. Sebagaimana yang kita ketahui, pandemi Covid-19 masih melanda negara kita tercinta sehingga LDK CP pada tahun ini dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting. Acara ini dilaksanakan selama dua hari yaitu pada Rabu, 16 Juni 2021 dan Jumat, 18 Juni 2021. Ingin tahu keseruan acara ini? Baca sampai akhir yuk.

Hari pertama acara pada Rabu, 16 Juni 2021 dimulai pukul 13.00 – 17.35 WIB. Rangkaian acara pada hari pertama yaitu ada presentasi dari DPI seperti ketua, wakil ketua, sekretaris, dan bendahara yang menyampaikan aspek-aspek dalam organisasi. Presentasi dimulai dari ketua HIMPGSD yang membahas tentang strategic management yang di dalamnya terdapat AD-ART dan visi misi yang menerapkan konsep SMART. Setelah presentasi, kami sebagai peserta diberi challenge untuk membuat visi dan misi secara berkelompok, kemudian masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. Dilanjut dengan presentasi oleh sekretaris HIMPGSD yang menyampaikan tentang administration and operation. Di sini kami sebagai peserta juga dibekali ilmu mengenai proposal, LPJ, surat, arsip, dan laporan quartal. Tidak lupa kami juga diberi challenge untuk membuat sebuah proposal acara. Challenge ini sangat bermanfaat untuk kami karena kami menerapkan langsung materi yang telah disampaikan dengan challenge. Setelah itu, kami mendapatkan materi tentang finance yang disampaikan oleh bendahara HIMPGSD. Materi yang kami peroleh yaitu materi tentang proposal anggaran, LPJ, pemasukan, bukti transaksi, dan bagaimana cara mengelola keuangan dalam sebuah organisasi. Untuk memperdalam pemahaman kami pada sesi presentasi yang ketiga ini, kami juga diberi challenge untuk membuat sebuah proposal anggaran dari suatu kondisi. Sebagai pamungkas, presentasi selanjutnya disampaikan oleh wakil ketua HIMPGSD yang membahas tentang apa itu branding dan bagaimana cara branding yang baik dan benar. Tidak hanya itu, presentasi yang terakhir ini juga membahas tentang regenerasi yaitu tujuan regenerasi dan siklus regenerasi dari HIMPGSD. Dalam sesi ini kami juga diberi challenge untuk membuat inovasi branding untuk HIMPGSD agar lebih dikenal oleh kalangan luas baik internal (lingkup BINUS) dan eksternal (lingkup luar BINUS). Tidak lupa, acara ini juga diawali dengan doa dan ditutup dengan foto bersama juga doa.

Rangkaian acara hari kedua acara LDK CP HIMPGSD 2021 pada hari Jumat, 18 Juni 2021 yaitu berupa pemaparan materi mengenai kepemimpinan yang disampaikan oleh Bapak G. Sugihartono dan Bapak Veriyadi Seswantoro. Materi pertama yang disampaikan Bapak G. Sugihartono mengenai pemimpin dan kepemimpinan yang Pancasialis dan Millenialis yang didalamnya dijelaskan pengertian pemimpin dan kepemimpinan, teori kepemimpinan, kompetensi pemimpin, aspek pemimpin, peran pemimpin, dan gaya kepemimpinan. Setelah diberikan materi mengenai itu semua, kami diberi challenge untuk berdiskusi kepemimpinan seperti apa yang akan kami terapkan dalam HIMPGSD ini yang memuat unsur Pancasialis dan Millenialis serta unsur CERIA (Cekatan, Edukatif, Religius, Inovatif, dan Amanah). Materi kedua yang dibawakan oleh Bapak Veriyadi Seswantoro mengenai organisasi, mulai dari bagaimana membangun tim yang efektif, faktor-faktor penentu efektivitas tim, apa yang harus dilakukan jika dalam tim terdapat masalah (BBM yaitu berhenti sejenak, berpikir, dan memberi respon), dan bagaimana cara kita memberi respon terhadap suatu permasalahan (reaktif atau proaktif). Yang saya suka dari pemaparan beliau yaitu dengan adanya selingan games sehingga kami sebagai peserta tidak bosan dalam mendengarkan materi yang beliau sampaikan dan kami menjadi lebih interaktif dalam mengikuti acara ini.

Selama mengikuti acara ini, saya merasa senang dan sangat bersyukur. Saya merasa senang karena saya bisa menjadi bagian dalam acara yang luar biasa ini. Pengalaman ini tidak akan pernah saya lupakan dan mungkin apabila saya tidak mengikuti acara ini, saya tidak akan pernah merasakannya dalam acara lain. Selain itu, saya juga sangat bersyukur bisa mengikuti acara ini karena dari acara ini saya mendapatkan banyak ilmu yang mungkin tidak akan saya peroleh di tempat lain. Acara ini sangat bermanfaat untuk kami sebagai calon pengurus HIMPGSD periode berikutnya, yaitu sebagai  bekal untuk kami agar nantinya kami dapat menjalankan tugas kami dengan baik.

Itulah keseruan saya mengikuti acara LDK CP HIMPGSD 2021 selama dua hari. Terima kasih untuk HIMPGSD dan sukses untuk kita semua.

Dokumentasi:https://student-activity.binus.ac.id/himpgsd/gallery/1842/

Ramitha Anjany