Pendidikan Seni di Sekolah, Seberapa Pentingkah?

Ketika anak sudah duduk dibangku sekolah, nilai seni didalam diri mereka menjadi luntur, ini merupakan fenomena yang terjadi di Indonesia. Apakah kalian tahu alasannya? Alasannya, karena banyak dari orang tua peserta didik dan pengajar lebih menekankan anak untuk tumbuh dan berkembang dengan prestasi akademik dan mengabaikan prestasi seni didalam peserta didik.

Dalam pertumbuhan dan perkembangan seorang anak kita tidak bisa memaksakan kecerdasan dalam satu bidang saja. Kecerdasan setiap anak pasti berbeda-beda. Ada yang cerdas dalam bidang akademik, ada yang cerdas dalam bidang seni. Setiap anak memiliki potensi yang berbeda-beda dan tugas orangtua beserta pengajar untuk mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik.

Pendidikan seni di sekolah merupakan media pengembangan kreatifitas dan pengembangan bakat seni bagi peserta didik. Pendidikan seni memiliki peranan dalam pembentukan pribadi peserta didik yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai multi kecerdasan. Melalui kesenian ungkapan perasaan seseorang dituangkan kedalam kreasi dalam  bentuk seni seperti sastra, musik, seni visual, tari dan drama, yang mengandung unsur-unsur keindahan dan dapat mempengaruhi perasaan orang lain.

Tujuan pendidikan seni di sekolah adalah agar siswa mendapatkan pengalaman dalam berkarya, pengalaman dalam menciptakan konsep karya, pengalaman berestetika dan pengalaman untuk merasakan fungsi pendidikan seni bagi kehidupan. Pendidikan seni  yang diberikan melalui kurikulum pembelajaran di sekolah bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya.

Jadi, melalui artikel ini, kita semakin membuka pikiran bahwa prestasi anak harus senantiasa dibimbing dan diarahkan. Sebagai orangtua ada baiknya untuk selalu mendukung semua yang menjadi prestasi anak-anak. Dan untuk para pengajar ada baiknya untuk menumbuh dan mengembangkan prestasi seni melalui pendidikan seni dengan membuatnya menjadi menyenangkan.

 

http://www.kla.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=1050:pentingnya-pendidikan-seni&catid=41:lampung-selatan&Itemid=70

http://www.niddumulu.com/2016/12/tujuan-dan-fungsi-pendidikan-seni-bagi.html

Stella Chaterine