Wisata Alam Angel’s Billabong

Broken Beach dan Angel Billabong berada di pantai barat daya Nusa Penida di Bali. Tidak jauh dari Crystal Bay. Tetapi untuk pergi ke sana dengan skuter atau mobil Anda harus melakukan tur besar. Jalan yang dulunya adalah yang terburuk dari semua jalan di pulau Nusa Penida tapi sekarang hanya 100 meter terakhir yang bisa membuktikannya! Anda juga dapat berjalan kaki ke Broken Beach dari Crystal Bay. Tetapi jalurnya tidak mudah ditemukan dan membutuhkan waktu 2 jam untuk mendaki.

Nama lokal tempat itu adalah Pasih Uug (Pantai Patah dalam bahasa Bali). Dengan Kelingking Beach dan Crystal Bay, Broken Beach dan Angel’s Billabong adalah beberapa destinasi ikonik Nusa Penida. Jika Anda pertama kali datang ke pulau itu, itu adalah suatu keharusan, sayang jika Anda melewatkannya. Di tahun 2020 hanya ada sedikit turis sehingga Anda bisa memilih untuk datang kapan saja sepanjang hari.

Kenapa disebut Broken Beach?

Tempat itu dinamai Broken Beach karena merupakan akibat dari runtuhnya sebagian tebing. Bagian yang roboh berbentuk lingkaran. Dan sebuah lengkungan terbentuk di bagian tersempit yang berbatasan dengan laut. Seluruh tempat terlihat seperti teluk melingkar dengan lengkungan yang menghadap ke laut. Tapi lebih baik dari penjelasan, lihat fotonya !

Anda mungkin akan berkeliling teluk dan Anda mungkin akan mengambil banyak foto. Tapi waspadalah terhadap selfie! Banyak turis yang ceroboh telah melangkah terlalu jauh untuk mengambil gambar mereka dan jatuh (dari ketinggian). Sejak itu, tanda-tanda memperingatkan pengunjung agar tidak mengambil risiko selfie!

Ada dua pilihan untuk pergi ke Broken Beach dan Angel’s Billabong. Setidaknya dibutuhkan waktu tiga jam. Namun kedua tempat tersebut patut diusahakan karena termasuk tempat paling populer untuk dilihat di pulau Nusa Penida. Yaitu dengan mendaki selama kurang lebih 3 jam melalui crystal bay dan cara kedua adalah dengan cara menggunakan transportasi seperti motor dan mobil yang memakan waktu selama 40 menit. 

References: https://nusapenida.org/id/broken-beach-angel-billabong/