Makanan Tradisional khas Cirebon yang penuh makna

Hi Parisians ! Kembali lagi nih dengan HIMPAR Binus. Nah kali ini kita mau cerita sedikit tentang kuliner khas Cirebon. Yuk disimak !

Nasi Jamblang merupakan kuliner khas Cirebon yang banyak diminati wisatawan, selain itu juga Nasi Jamblang ini merupakan kuliner kuno yang melegenda. Nama “Jamblang” ini diartikan sebagai kuliner yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda ini tidak ada hubungannya dengan buah jamblang. Jamblang ini diambil dari nama desa tempat makanan ini tercipta. Desa Jamblang juga berada di pinggiran kota Cirebon yang dimana Tan Piaw Lung atau disapa Mbah Pulung adalah penciptanya. Yang menjadi Nasi Jamblang ini memiliki khas dan terasa sedap adalah bungkusnya yang menggunakan daun jati.

Nasi Jamblang terdiri atas nasi yang diletakkan di atas daun jati, lalu dilengkapi berbagai lauk yang disediakan buffet atau prasmanan, seperti tempe, telur dadar, perkedel, dan lainnya. Tidak Lupa, sebagai pelengkap, sambal cabai dibubuhkan.

Alasan Nasi Jamblang menggunakan daun jati ini karena Tien Rustini, keturunan generasi kelima Mbah Pulung mengatakan daun jati yang membuat nasi tidak cepat basi. Tien bercerita bahwa Nasi Jamblang adalah buatan moyangnya, yakni Abdul Latief dan istrinya, Mbah Pulung. dari itu, Nasi Jamblang dibagikan secara gratis untuk buruh Pabrik Gula Gempol, Pabrik Spiritus di Palimanan, dan pembangunan jalan kereta pada 1847 dan 1883.

Seiring berjalannya waktu, bisnis Nasi Jamblang ini dilanjutkan oleh anaknya, lalu cucunya. Tetapi usaha itu mengalami puncaknya pada tahun 1960-1970 an. Tidak lama kemudian bisnis tersebut mengalami penurunan lantaran keturunan selanjutnya memiliki bekerja di sektor lain.

Dalam segi bisnisnya ini mereka terus berupaya membangkitkan dan mengembalikan menu-menu khas Nasi Jamblang warisan keluarga yang sudah mulai jarang dijual saat ini. Mereka senang bahwa bisnis kuliner warisan keluarganya mulai banyak diminati orang.

Nah gimana Parisians ? Apakah kamu berminat untuk mencoba ?

See you in our next article !

 

Sumber:

https://www.inibaru.id/kulinary/menikmati-kuliner-legendaris-dari-pinggiran-cirebon

https://akato.co.id/read/nasi-jamblang-bu-pitri-kuliner-cirebon-yang-susah-banget-ditolak/1390