WISATA TEMATIK REKREASI DI KAWAH IJEN

Wisata merupakan kegiatan berwisata yang berfokus kepada konsep atau tema yang dimiliki oleh suatu destinasi wisata. Wisata tematik memiliki beberapa jenis didalamnya yaitu, ecotourism thematic, educational thematic, recreation thematic, dan masih banyak lagi. Minggu ini kami akan membahas mengenai wisata tematik rekreasi. Wisata tematik rekreasi adalah kegiatan berwisata yang dilakukan di destinasi wisata rekreasi seperti alam bebas, taman rekreasi, dan destinasi lainnya yang menyediakan atraksi berupa rekreasi.

Kawah Ijen menawarkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Kita bisa melihat dua pesona Kawah Ijen yang berbeda pada saat malam dan siang. Uniknya, fenomena blue fire yang hanya ada dua di dunia bisa kita temukan di Kawah Ijen. Dimana pada saat malam hari kita dapat melihat Blue Fire dan pada saat siang hari kita dapat Biru Sapphire. Tepat pukul 00.00 kita juga bisa mengamati stargazing yang sangat indah di langit. Pemandangan pada saat siang hari pun tak kalah indahnya karena kalian akan ditawarkan pemandangan Telaga Ijen yang warna toskanya sangat mempesona. Tetapi sebelum kalian melakukan rekreasi kesini, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan, lho! Kalian harus berhati – hati dengan jalan menuju Kawah Ijen yang curam. Kalian juga harus memakai masker khususnya seperti masker respirator dikarenakan bau belerang yang sangat kuat.

Ada dua waktu yang cocok buat kalian yang mau berkunjung ke Kawah Ijen. Pertama saat siang hari, karna ketika siang hari kalian akan mendapatkan pemandangan cerahnya langit biru dengan telaga Ijen yang mempesona. Telaga yang sangat luas di kawahnya dengan kandungan belerang yang tinggi, membuat warna yang cantik dari telaga ini dalam nuansa toska atau biru pirus adalah warna yang sedikit kehijau-hijauan. Sedangkan saat malam hari, kalian akan melihat pemandangan langit malam dengan taburan bintang yang menyinarinya. Selain itu, fenomena alam yang menarik lainnya berupa blue fire atau api biru yang bergelora dari kawahnya yang hanya bisa disaksikan pada malam hari, mulai pukul 00.00.  Jadi buat kalian yang mau rekreasi Kawah Ijen bisa menjadi pilihan kalian nih.

 

Sumber:

https://www.tourdejava.net/2015/04/blue-fire-di-ijen-crater-banyuwangi.html?m=1

https://www.google.co.id/amp/s/amp.kompas.com/travel/read/2020/07/22/151000227/tips-wisata-ke-kawah-ijen-di-banyuwangi

https://www.google.co.id/amp/s/www.idntimes.com/travel/tips/amp/ratih-puspa-sari/9-hal-penting-yang-harus-diketahui-sebelum-berkunjung-ke-kawah-ijen-c1c2

https://travel.detik.com/travel-news/d-5176065/mau-ke-kawah-ijen-ketahui-aturan-terbarunya