Aplikasi Trigonometri

Apa itu Trigonometri?

Trigonometri adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara sudut, panjang, dan tinggi. Trigonometri juga merupakan cabang matematika yang mempelajari hubungan antara rasio sisi segitiga siku-siku dan sudut-sudutnya. 

Trigonometri merupakan konsep yang paling penting dalam Matematika yang telah menyebar aplikasinya ke bidang yang lebih luas, seperti Penerbangan, Fisika, Kriminologi, Militer, Teknik, Arsitektur, Astronomi, dan lain-lain. Trigonometri digunakan untuk menemukan sudut atau sisi segitiga.

Dasar-dasar Trigonometri.

Trigonometri memiliki tiga fungsi dasar, yaitu sinus, cosinus, dan tangen. Fungsi trigonometri penting lainnya dapat diturunkan dengan menggunakan tiga rasio dasar ini. Enam fungsi utama sudut yang umum digunakan dalam trigonometri adalah sebagai berikut:

  • sine (sin), 
  • cosine (cos), 
  • tangent (tan), 
  • cotangent (cot), 
  • secant (sec),
  • cosecant (csc).

Aplikasi Trigonometri di Dalam Kehidupan Nyata.

Banyak contoh trigonometri yang sering digunakan dalam kehidupan nyata. Misalnya, trigonometri digunakan dalam mengembangkan musik komputer. Suara merambat dalam bentuk gelombang dan pola gelombang ini, melalui fungsi sinus atau cosinus untuk mengembangkan musik komputer. Contoh lainnya yaitu seorang anak berdiri di samping pohon. “Berapa tinggi pohon itu?” dia bertanya-tanya saat dia melihatnya. Tinggi pohon dapat ditentukan tanpa harus mengukurnya, dengan menggunakan segitiga siku-siku, atau segitiga dengan salah satu sudutnya sama dengan 90 derajat. Jika jarak antara pohon dan anak tersebut, serta sudut yang dihasilkan ketika pohon dilihat dari tanah, rumus trigonometri dapat digunakan untuk menghitung tinggi pohon.

 

Referensi:

https://www.vedantu.com/maths/application-of-trigonometry 

https://byjus.com/maths/applications-of-trigonometry/

Moethia Shakira